AS Tuduh Iran Produksi Rudal yang Mampu Jangkau Eropa

Jum'at, 30 November 2018 - 01:57 WIB
AS Tuduh Iran Produksi Rudal yang Mampu Jangkau Eropa
AS Tuduh Iran Produksi Rudal yang Mampu Jangkau Eropa
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menuduh Iran memproduksi beberapa jenis rudal yang mampu menjangkau wilayah Eropa. Washington merasa pasukannya di negara-negara sekutu di Timur Tengah terancam oleh Teheran.

"Hari ini, Amerika Serikat sedang membuka bukti baru proliferasi rudal Iran yang sedang berlangsung," kata Utusan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook.

"Ancaman Iran berkembang dan kami mengumpulkan risiko eskalasi di wilayah itu jika kami gagal bertindak," ujarnya, seperti dikutip Sputnik, Jumat (30/11/2018).

Hook meminta Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi terhadap negara dengan nama resmi Republik Islam tersebut. Dia menekankan bahwa rudal yang diproduksi Teheran telah "berkembang biak" dan mampu mencapai Eropa.

"Kami mendesak semua negara, terutama Uni Eropa, untuk menempatkan sanksi rudal melalui Uni Eropa sehingga kami dapat mulai mengelola risiko konflik regional melalui proliferasi rudal," katanya kepada wartawan.

Diplomat itu juga menyalahkan Iran atas dugaan memasok rudal ke "kekuatan proksinya" di Yaman, Lebanon dan negara-negara lain untuk mengacaukan seluruh wilayah.

Washington telah berulang kali menuduh Iran mencoba mendapatkan pengaruh di Timur Tengah. Tuduhan itu yang jadi salah satu alasan bagi Presiden Donald Trump mendaftarkan negara itu sebagai ancaman dalam laporan Strategi Pertahanan Nasional (NDS) yang diajukan pada Januari 2018.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3259 seconds (0.1#10.140)