Eropa Tidak Dukung Penerapan Kembali Sanksi Iran, AS Murka

Senin, 21 September 2020 - 17:32 WIB
loading...
Eropa Tidak Dukung Penerapan Kembali Sanksi Iran, AS Murka
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengecam negara-negara Eropa karena gagal mendukung upaya Washington untuk memulihkan sanksi PBB terhadap Iran. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) , Mike Pompeo mengecam negara-negara Eropa karena gagal mendukung upaya Washington untuk memulihkan sanksi PBB terhadap Iran . AS berencana mengembalikan seluruh sanksi PBB terhadap Iran dengan menggunakan mekanisme "snapback" yang ada di kesepakatan nuklir 2015.

Akhir pekan lalu, Pompeo menyatakan bahwa sanksi PBB terhadap Iran dipulihkan setelah AS memicu mekanisme snapback selama 30 hari. Menyusul pengumuman tersebut, Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE), Josep Borrell mengatakan bahwa Washington tidak dapat secara sepihak memulihkan sanksi internasional terhadap Teheran.

“Orang Eropa tidak bergabung dengan kami dalam hal ini. Mereka tahu kami benar. Mereka memberi tahu kami secara pribadi bahwa kami tidak ingin penjualan senjata kembali," kata Pompeo saat melakukann wawancara dengan Fox News, seperti dilansir Sputnik pada Senin (21/9/2020). ( )

"Mereka masih terikat dengan kesepakatan nuklir konyol yang telah ditandatangani lima tahun lalu. Saya berharap mereka akan memahami bahwa jika Anda benar-benar ingin memimpin, jika Anda ingin menjadi bagian dari koalisi global untuk mengurangi risiko di Timur Tengah, maka Anda perlu bergabung dengan kami. Kami membutuhkan sanksi ini untuk membatalkan," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)