Erdogan: Sanksi Amerika Serikat Tidak Menghormati Turki

Jum'at, 11 Desember 2020 - 23:01 WIB
loading...
Erdogan: Sanksi Amerika Serikat Tidak Menghormati Turki
Presiden Turki Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan sanksi Amerika Serikat (AS) terkait pembelian rudal S-400 oleh Turki sama saja tidak menghormati negara anggota aliansi NATO.

Pernyataan Erdogan itu muncul setelah sejumlah sumber menyatakan AS hendak menerapkan sanksi untuk semakin memperburuk hubungan kedua negara.

Laporan sanksi AS yang akan segera diterapkan itu menargetkan industri pertahanan Turki. Bersamaan dengan itu, para pemimpin Uni Eropa (UE) membahas sanksi terpisah terhadap para pejabat Turki terkait eksplorasi gas di Mediterania.

Kedua perkembangan tersebut membuat cemas kalangan investor. Langkah AS, lebih awal dari yang diperkirakan dan berpotensi lebih luas cakupannya, serta cenderung memiliki dampak langsung yang lebih besar. (Baca Juga: Jepang Perpanjang Misi Pertahanan Timur Tengah selama Setahun)

Mata uang Turki, lira, jatuh hampir 2% setelah Reuters mengutip sumber yang mengatakan sanksi AS akan diumumkan secepatnya pada Jumat. (Lihat Infografis: Pertama dalam Sejarah AS, Kapal Induk Nuklir Dipimpin Perempuan)

Mata uang itu kemudian rebound saat investor mempertimbangkan dampaknya. (Lihat Video: Akan Diperiksa, Kuasa Hukum: Kemungkinan Rizieq Belum Bisa Datang)

Langkah-langkah AS berdasarkan Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) akan diberlakukan Presiden AS Donald Trump saat Presiden terpilih Joe Biden bersiap menjabat pada 20 Januari.



"Bagi Amerika untuk bangkit dan menghadapi Turki dengan masalah seperti CAATSA, tidak menghormati mitra NATO yang sangat penting," papar Erdogan, dikutip Anadolu.

Dalam pidato selanjutnya kepada para pejabat dari Partai AK yang dipimpinnya, Erdogan mengambil nada yang lebih berdamai. Dia menyeru para politisi AS dan UE untuk melepaskan diri dari pengaruh lobi anti-Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)