Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat?

Sabtu, 13 April 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Kehadiran AS di kawasan ini mencakup Armada Kelima yang perkasa, termasuk kelompok penyerang kapal induk, ekspedisi, logistik, penjinak ranjau, kapal selam, dan pasukan pengintai.

Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat?


AS telah menggunakan Armada Kelima secara ekstensif untuk perang agresi di Timur Tengah dan Afghanistan selama dua dekade terakhir.

Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Dengan total personel militer mencapai 2.260.000 pasukan, Amerika Serikat memiliki 1,4 juta pasukan aktif dan 860 ribu pasukan cadangan.

Angkatan Udara AS memiliki 13.264 aset, termasuk 2.085 pesawat tempur, 715 pesawat serbu, dan 967 helikopter serang.

Angkatan Laut AS memiliki 490 total aset, termasuk 20 kapal induk dan 90 kapal penghancur. Sedangkan Angkatan Darat AS memiliki 6.289 tank dan 39.253 kendaraan tempur lapis baja.

Iran, pada bagiannya, memiliki sejumlah sekutu negara dan non-negara di kawasan yang dikenal sebagai 'Poros Perlawanan', yang meliputi Suriah, milisi Pasukan Mobilisasi Populer Irak (yang secara resmi merupakan bagian dari pasukan keamanan Irak), Hizbullah yang kuat di Lebanon, dan, menurut beberapa laporan, Houthi di Yaman yang tangguh dalam pertempuran.

Republik Islam juga memiliki sejumlah aktor global yang kuat, seperti Rusia dan China yang bahkan jika mereka tidak mengambil bagian dalam permusuhan secara langsung, mereka mungkin akan melakukan yang terbaik di lembaga-lembaga seperti PBB, dan di tingkat regional dan bilateral.

Blok BRICS+ dan mitra Organisasi Kerja Sama Shanghai yang dikendalikan Rusia dan China akan mencoba menyelesaikan konflik sesegera mungkin, dan menghukum para agresor dengan menggunakan cara-cara ekonomi, diplomatik, dan lainnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)