Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat?

Sabtu, 13 April 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Republik Islam juga memiliki 230.000 pasukan elit Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), yakni 150.000 di Angkatan Darat, 40.000 paramiliter, 20.000 di Angkatan Laut IRGC, dan 15.000 di Angkatan Udara dan Pertahanan Udara IRGC.

Iran juga memiliki 350.000 personel cadangan terlatih yang dapat dipanggil jika terjadi krisis.

Anggaran


Pada tahun 2022, Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm menghitung anggaran pertahanan Israel sekitar USD23,4 miliar (termasuk USD3,18 miliar bantuan militer tahunan AS).

Iran memiliki anggaran pertahanan setara dengan sekitar USD6,8 miliar pada tahun yang sama. Republik Islam Iran mengganti anggarannya yang lebih kecil dengan biaya operasional dan pengadaan senjata yang lebih rendah, ditambah strategi yang berfokus pada solusi asimetris, seperti mengubah kapal tanker minyak tua menjadi kapal pangkalan terapung, dan penciptaan armada kapal perang yang besar dan berbiaya rendah untuk kapal-kapal pertahanan pesisir.

Senjata


Kedua negara memiliki industri pertahanan dalam negeri yang besar yang memungkinkan produksi segala sesuatu mulai dari senjata ringan dan tank hingga drone dan rudal.

Israel telah membangun sektor pertahanannya melalui kerja sama dengan AS. Adapun Iran yang telah terkena sanksi selama beberapa dekade, berupaya memproduksi sebanyak mungkin kebutuhan pertahanannya di dalam negeri.

Israel kemungkinan besar memiliki kartu truf yang penting: senjata nuklir. Meskipun Israel tidak membenarkan atau menyangkal kepemilikan senjata tersebut (dalam kebijakan yang dikenal sebagai “ambiguitas yang disengaja”), Israel diduga memiliki hingga 80 senjata nuklir yang dapat dikirimkan melalui udara dan rudal.

Iran, sebagai perbandingan, telah menolak senjata nuklir dan semua senjata pemusnah massal lainnya, dan lebih memilih persenjataan rudal konvensional yang luas.

Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat?


Namun Iran memiliki kartu truf yang berbeda yakni kemampuan menutup Selat Hormuz, yang pada dasarnya memberinya kekuatan untuk meruntuhkan perekonomian negara-negara Barat jika terjadi agresi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)