Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat?

Sabtu, 13 April 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A
Penutupan Selat Hormuz dapat membuat negara-negara Barat kelaparan hingga 30% dari seluruh pengiriman minyak mentah maritim.

Pengalaman Tempur


Berperang dalam belasan perang dan pemberontakan baik dengan negara-negara tetangga maupun dengan Palestina sejak tahun 1948 dan seterusnya, Israel sejauh ini merupakan negara dengan kekuatan militer paling tangguh di Timur Tengah.

Namun, konflik yang sedang berlangsung di Gaza telah menunjukkan kekuatan tempur bukanlah sesuatu yang diwariskan antar generasi.

Hal itu terbukti dari IDF mengalami banyak masalah dalam memerangi Hamas dan pejuang lainnya di Gaza, dengan laju operasi melawan 25.000-40.000 pasukan jauh lebih lambat dari yang diperkirakan.

Yang lebih memalukan, jumlah korban jiwa Israel merupakan yang terberat di antara konflik abad ke-21 yang melibatkan rezim kolonial Zionis hingga saat ini.

Iran juga memiliki pengalaman tempur yang cukup. Revolusi Islam tahun 1979 dipicu konflik brutal dengan Irak yang berlangsung hampir sepanjang tahun 1980-an, yang menewaskan 600.000 tentara Iran dan 500.000 tentara Irak serta lebih dari 100.000 warga sipil Iran.

Dalam beberapa dekade setelahnya, militer Iran memperoleh pengalaman tempur dalam berbagai konflik lainnya, mulai dari pemberontakan dalam negeri hingga bantuan penasihat IRGC yang diberikan kepada Hizbullah melawan Israel selama Perang Lebanon tahun 2006.

Iran juga berpengalaman saat menjadi penasihat untuk pemerintah Suriah dan Irak selama perang melawan sejumlah kelompok yang didukung asing pada tahun 2010-an.

Sekutu


Jika krisis antara Iran dan Israel memanas, sekutu kedua belah pihak kemungkinan besar tidak akan berdiam diri.

Sekutu dan sponsor utama Israel adalah Amerika Serikat yang memiliki lebih dari setengah lusin pangkalan militer besar yang mengelilingi Iran di Teluk Persia dan Arab, dan fasilitas tambahan di negara-negara termasuk Irak, Yordania, Suriah dan Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)