6 Kegagalan Strategi Laut Merah AS dalam Membendung Perlawanan Houthi

Kamis, 04 April 2024 - 21:50 WIB
loading...
A A A
“Jika tidak ada dukungan nyata internasional terhadap pemerintah Yaman yang sah untuk menggulingkan Houthi dan memulihkan legitimasi negara dan konstitusi, maka tidak ada keraguan bahwa kelompok Houthi akan menjadi ancaman permanen bagi kepentingan internasional di Laut Merah dan tempat lain,” ujarnya. dikatakan.

Nabil menambahkan bahwa tindakan Houthi berfungsi untuk meningkatkan “kepentingan Iran” baik di Teluk dan Laut Merah, menyusul penguatan hubungan antara keduanya.

Mengingat pemboman Israel terhadap konsulat Iran di Suriah pada tanggal 1 April, yang menewaskan beberapa karyawan dan seorang komandan Iran, Iran berjanji akan melakukan pembalasan, yang mungkin memerlukan operasi tingkat rendah. Mendorong Houthi untuk melakukan serangan lebih lanjut di Laut Merah mungkin merupakan bagian dari upaya tersebut.

6. Stabilitas Yaman dan Regional Masih Dipertaruhkan

6 Kegagalan Strategi Laut Merah AS dalam Membendung Perlawanan Houthi

Foto/Reuters

Tanpa tindakan yang lebih luas untuk mendukung stabilitas Yaman dan regional, ancaman yang ditimbulkan oleh Houthi tidak akan hilang dalam waktu dekat.

“Masuk akal bahwa mereka akan menghentikan serangan mereka jika atau ketika ada gencatan senjata di Gaza. Tapi ini hanya bersifat sementara,” kata Thomas Juneau.

“Tidak ada keraguan bahwa mereka tidak akan ragu untuk kembali mengancam pelayaran di Laut Merah untuk mendapatkan konsesi atau sekadar memberikan tekanan pada Israel, Arab Saudi, atau Amerika Serikat di masa depan.”

Pada akhirnya, kebangkitan Houthi telah menimbulkan tantangan baru terhadap upaya Barat untuk melindungi jalur pelayaran internasional. Hal ini juga menyoroti kelemahan dalam strategi AS yang hanya melakukan pencegahan dan memaksakan pengaruhnya melalui kekerasan, namun mengabaikan dan mengabaikan stabilitas Yaman.

Aktor-aktor internasional dapat berupaya untuk mengakhiri perang di Gaza sekaligus meluncurkan kembali upaya diplomasi komprehensif di Yaman untuk memperkuat kembali pemerintahannya yang diakui secara internasional.

Negara-negara tetangga di Teluk yang tidak terlibat dalam konflik ini, termasuk Arab Saudi dan Oman, hampir pasti akan memilih pendekatan tersebut, terutama mengingat kekhawatiran mereka mengenai ketidakstabilan di Yaman.

Namun mengingat tindakan-tindakan tersebut tampaknya masih jauh dari harapan, masa depan Laut Merah yang penuh ketidakpastian pasti akan segera terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)