Terungkap, Rusia 3 Kali Ingin Gabung NATO tapi Selalu Ditolak

Senin, 01 April 2024 - 11:49 WIB
loading...
A A A
“Kami sudah menjalankan praktik selama 50 tahun di Uni Soviet, dan Anda memiliki banyak birokrat di komunitas intelijen yang [mempertimbangkan untuk memusuhi Rusia] sebagai ‘titik terbaik’ mereka, seolah-olah mereka merasa nyaman dalam pekerjaan mereka. Itulah keahlian mereka. Perubahan tersebut [setelah tahun 1991] benar-benar asing bagi mereka. Bahkan Putin awalnya ingin bergabung dengan NATO, namun dia mulai melihat reaksi yang semakin bermusuhan dari Barat. Jadi Putin mulai lebih tertarik pada gerakan Eurasia, terutama setelah kudeta yang disponsori AS pada tahun 2014 di Ukraina," kata Maloof.

Maloof yakin, sebagian dari permusuhan itu bahkan bermuara pada pertikaian darah kuno yang tersembunyi.

“Contohnya Victoria Nuland. Sebelum dia meninggalkan [pekerjaannya di Departemen Luar Negeri AS] dia mempelopori seluruh ‘upaya Ukraina’. Mengapa? Tentang apa fanatismenya? Ternyata keluarganya berasal dari Ukraina bagian barat. Dia hanya ingin ‘harta miliknya’ kembali, ‘tanahnya’ kembali. Anda bisa melihat persaingan kuno ini terus berlanjut,” kata Maloof.

"Itu juga mengapa orang Polandia begitu terpesona dengan Ukraina,” lanjut Maloof, menunjuk pada penaklukan Warsawa atas sebagian besar wilayah Ukraina modern sejak abad ke-14.

"Perseteruan kuno ini seperti kanker yang tidak aktif," terang Maloof. "Yang, jika diperparah akan muncul kembali untuk memicu konflik."

Maloof melanjutkan, alasan lain mengapa Rusia tidak pernah bisa bergabung dengan aliansi tersebut adalah karena Moskow selalu menganggap dirinya sebagai kekuatan besar, sebuah negara yang berhak untuk dianggap sebagai mitra setara.

“Kami memperhatikan hal ini, khususnya dalam negosiasi yang mengarah pada tuntutan Putin pada bulan Desember 2021 ketika dia mengatakan 'Anda harus menghentikan ekspansi NATO, termasuk di Ukraina' dan 'bahwa ini adalah garis merah bagi kami'...Reaksi [dari Barat] adalah 'baiklah, pada dasarnya kami akan melakukan apa pun yang kami inginkan'. Mereka tidak menganggapnya serius. Dan pihak Rusia merasa bahwa AS merendahkan Rusia,” kata pengamat tersebut.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)