Terungkap, Rusia 3 Kali Ingin Gabung NATO tapi Selalu Ditolak

Senin, 01 April 2024 - 11:49 WIB
loading...
A A A
“Tetapi pada malam harinya, saat kami makan malam, dia berkata, ‘Anda tahu, saya sudah berbicara dengan tim saya, tidak-tidak, itu tidak mungkin sekarang'," lanjut Putin menirukan jawaban Clinton.

“Jika dia menjawab 'ya', proses pemulihan hubungan akan dimulai, dan pada akhirnya hal itu mungkin akan terjadi jika kita melihat adanya keinginan tulus dari pihak mitra kami. Tapi itu tidak terjadi. Ya, tidak berarti tidak, oke, baiklah,” kata Putin.

"NATO tidak mungkin menerima Uni Soviet ke dalam aliansi tersebut pada tahun 1950-an karena mentalitas Perang Dingin yang lazim di Barat pada saat itu," kata Michael Maloof, mantan analis kebijakan keamanan senior di Pentagon.

"Setelah Uni Soviet runtuh, ada dorongan lain bagi Rusia untuk menjadi anggota,” imbuh Maloof kepada Sputnik.

“Sejak awal Yeltsin ingin melakukan hal tersebut, dan Putin, yang seluruh orientasi dan latar belakang profesionalnya berada di Barat, juga memiliki ketertarikan yang sama pada awalnya," papar pengamat tersebut.

Setiap kali, NATO bisa menggunakan alasan ideologi yang tidak sesuai untuk menolak kemajuan Moskow, kata Maloof, mulai dari kekhawatiran atas penyebaran komunisme selama Perang Dingin, hingga ketidakcocokan sistem politik Rusia pasca-Soviet dengan sistem politik Barat.

“Anda tahu, setiap orang mempunyai interpretasinya masing-masing tentang apa itu ‘demokrasi’. Jadi, mereka menjalankan NATO dan menetapkan aturan mereka sendiri dan [Rusia] tidak mematuhi aturan tersebut. Turki mengalami hal itu cukup lama. Dan mereka masih mengalaminya hingga saat ini dalam upaya bergabung dengan Uni Eropa,” kata Maloof.

Yang lebih serius, kata Maloof, adalah faktor "deep state" permanen di Washington, khususnya gerakan neokonservatif melawan Rusia, sebelumnya Uni Soviet, yang terwujud dalam diri orang-orang seperti mantan wakil menteri luar negeri Victoria Nuland. "Ambisi orang-orang ini adalah untuk membendung, atau bahkan menghancurkan Rusia," katanya.

Tidak ada “tombol hidup dan mati” untuk permusuhan semacam ini, kata Maloof, menunjuk pada kelembaman birokrasi di NATO dan Washington, belum lagi kepentingan finansial yang terlibat.

“Sulit untuk membuat orang beralih ke pola pikir lain, khususnya di komunitas intelijen," imbu pengamat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)