India Uji Tembak Rudal Balistik Agni-I Berkemampuan Nuklir

Rabu, 31 Oktober 2018 - 12:45 WIB
India Uji Tembak Rudal Balistik Agni-I Berkemampuan Nuklir
India Uji Tembak Rudal Balistik Agni-I Berkemampuan Nuklir
A A A
NEW DELHI - India telah menguji tembak peluru kendali (rudal) balistik Agni-I yang diklaim mampu dilengkapi hulu ledak nuklir pada hari Selasa. Uji misil yang dilakukan di lepas pantai Odisha ini dinyatakan berhasil.

Rudal Agni-I memiliki jangkauan tembak sejauh 700 km. Menurut sumber di departemen pertahanan, uji coba dilakukan oleh Angkatan Darat India.

Menurut sumber yang dikutip PTI, Rabu (31/10/2018), tes tembak rudal surface-to-surface (permukaan ke permukaan) itu dilakukan sebagai bagian dari aktivitas pelatihan berkala oleh Komando Pasukan Strategis (SFC) dari Dr Abdul Kalam Island untuk mengkonsolidasikan kesiapan operasional.

Semua tujuan misi dinyatakan dipenuhi selama tes senjata tersebut.

Masih menurut sumber Departemen Pertahanan, lintasan uji coba rudal Agni-1 dilacak oleh baterai radar canggih, stasiun pengamatan telemetri, instrumen elektro-optik dan kapal angkatan laut dari peluncurannya sampai rudal menghantam area target dengan akurat.

Rudal single-stage ramping yang didukung oleh propelan padat, diluncurkan hari Selasa sekitar pukul 20.00 malam dari peluncur mobile yang berada di landasan peluncuran 4 dari Integrated Test Range (ITR).

Rudal Agni-I diklaim memiliki sistem navigasi khusus yang memastikannya mencapai target dengan tingkat akurasi dan presisi yang tinggi.

Senjata itu telah memasuki layanan tempur Angkatan Bersenjata India yang diklaim telah membuktikan kinerja yang luar biasa dalam hal jangkauan, akurasi, dan kekuatan yang mematikan.

Misil dengan berat 12 ton itu memiliki panjang 15 meter dan dapat membawa muatan hingga 1000 kg.

Agni-I dikembangkan oleh laboratorium pengembangan rudal utama DRDO (Defence Research and Development Organisation) bekerja sama dengan Laboratorium Pengembangan Penelitian Pertahanan dan Pusat Penelitian Imarat dan diintegrasikan oleh Bharat Dynamics Limited.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4221 seconds (0.1#10.140)