Wilayahnya Diterobos Rudal Rusia, Polandia Tuntut Penjelasan dari Moskow

Senin, 25 Maret 2024 - 09:24 WIB
loading...
A A A
Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Andrzej Szejna mengatakan kepada stasiun TVN24 bahwa kementerian luar negeri bermaksud memanggil duta besar Rusia untuk Polandia dan memberinya surat protes.

Henryk Zdyb, kepala desa Oserdow, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan harian Gazeta Wyborcza bahwa dia melihat rudal tersebut dan mengatakan misil itu mengeluarkan suara siulan.

“Saya melihat benda yang bergerak cepat di langit. Pesawat itu diterangi cahaya dan terbang cukup rendah di atas perbatasan dengan Ukraina,” katanya.

Sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina lebih dari dua tahun lalu, telah terjadi sejumlah intrusi ke wilayah udara Polandia, memicu kekhawatiran di Uni Eropa dan negara anggota NATO dan mengingatkan masyarakat akan betapa dekatnya perang ini.

“Kita harus menerima kenyataan bahwa perang sedang terjadi di dekat kita, dan kita adalah bagian dari konfrontasi antara Barat dan Rusia,” tulis komentator perang Artur Bartkiewicz di surat kabar Rzeczpospolita, Minggu.

Pada tahun 2022, dua orang Polandia tewas dalam ledakan rudal. Para pejabat Barat menyalahkan kematian tersebut karena rudal pertahanan udara Ukraina yang kesasar, namun juga menuduh Rusia bersalah karena negara tersebut memulai perang, di mana rudal Ukraina diluncurkan untuk membela diri.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)