Membedah Teori Lenyapnya MH370, dari Sabotase Pilot hingga Ditembak Jatuh AS

Selasa, 12 Maret 2024 - 13:44 WIB
loading...
A A A
Radar militer menunjukkan pesawat meninggalkan jalur penerbangannya untuk terbang kembali melintasi Malaysia utara dan pulau Penang, dan kemudian keluar ke Laut Andaman menuju ujung pulau Sumatra di Indonesia.



Pesawat kemudian berbelok ke selatan dan semua kontak hilang ketika meninggalkan jangkauan radar.

Sejak MH370 hilang, teori terus-menerus berpusat pada Shah sang kapten, seorang penerbang veteran yang bergabung dengan Malaysia Airlines sejak 1981.

Keadaan mentalnya telah menjadi subjek banyak spekulasi, menyusul laporan yang mengutip teman-temannya bahwa dia "depresi klinis".

Richard Godfrey adalah seorang insinyur kedirgantaraan Inggris dan anggota pendiri MH370 Independent Group yang menyelidiki hilangnya pesawat.

Dia mengatakan kepada MailOnline: "Ada pilot aktif hingga akhir penerbangan MH370."

“Fakta ini dikonfirmasi oleh data WSPR [perangkat lunak radio], karena ada perubahan jalur, pendakian dan perubahan kecepatan MH370 selama penerbangan selama hampir enam jam di atas Samudra Hindia,” kata Godfrey, yang dilansir dari MailOnline, Selasa (12/3/2024).

Meskipun identitas pilot aktif belum tentu Kapten Zaharie Ahmad Shah, kemungkinan besar dia adalah kapten, imbuh pakar tersebut.

“Secara teoritis mungkin saja, meski kecil kemungkinannya, itu adalah co-pilot atau pembajak,” kata Godfrey.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)