Membedah Teori Lenyapnya MH370, dari Sabotase Pilot hingga Ditembak Jatuh AS

Selasa, 12 Maret 2024 - 13:44 WIB
loading...
Membedah Teori Lenyapnya MH370, dari Sabotase Pilot hingga Ditembak Jatuh AS
Para pakar telah menganalisa 5 teori tentang lenyapnya penerbangan MH370 bersama 239 orang, mulai dari teori sabotase pilot hingga pesawat ditembak jatuh AS. Foto/The Sun
A A A
JAKARTA - Dalam 10 tahun sejak lenyapnya Malaysia Airlines Penerbangan 370 atau MH370 bersama 239 orang secara tiba-tiba, apa sebenarnya yang terjadi pada pesawat itu telah jadi salah satu misteri terbesar di zaman modern.

Penerbangan itu hilang tanpa jejak pada 8 Maret 2014 setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia dalam perjalanan ke Beijing, China.

Seluruh penumpang dan awaknya, yang berjumlah 239 orang, diperkirakan tewas tak lama setelah pesawat secara misterius berbelok ke arah barat melewati Laut Andaman di Samudra Hindia.

Meskipun banyak teori tentang apa yang terjadi pada MH370 mengarah ke konspirasi yang aneh, ada beberapa teori yang lebih kredibel dibandingkan teori lainnya.



MailOnline telah berbicara dengan ilmuwan antariksa dan pakar penerbangan tentang hipotesis yang paling menarik—dan apakah hipotesis tersebut benar.

Analisa 5 Teori Lenyapnya Pesawat MH370

1. Teori Sabotase Pilot


Transmisi terakhir dari MH370 terjadi sekitar 40 menit setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Kapten Pilot Zaharie Ahmad Shah mengakhiri dengan ucapan "Good night, Malaysian three seven zero" saat pesawat memasuki wilayah udara Vietnam.

Tak lama kemudian, transpondernya—perangkat yang mengirim dan bertukar sinyal—dimatikan, sehingga tidak dapat dilacak dengan mudah.

Radar militer menunjukkan pesawat meninggalkan jalur penerbangannya untuk terbang kembali melintasi Malaysia utara dan pulau Penang, dan kemudian keluar ke Laut Andaman menuju ujung pulau Sumatra di Indonesia.



Pesawat kemudian berbelok ke selatan dan semua kontak hilang ketika meninggalkan jangkauan radar.

Sejak MH370 hilang, teori terus-menerus berpusat pada Shah sang kapten, seorang penerbang veteran yang bergabung dengan Malaysia Airlines sejak 1981.

Keadaan mentalnya telah menjadi subjek banyak spekulasi, menyusul laporan yang mengutip teman-temannya bahwa dia "depresi klinis".

Richard Godfrey adalah seorang insinyur kedirgantaraan Inggris dan anggota pendiri MH370 Independent Group yang menyelidiki hilangnya pesawat.

Dia mengatakan kepada MailOnline: "Ada pilot aktif hingga akhir penerbangan MH370."

“Fakta ini dikonfirmasi oleh data WSPR [perangkat lunak radio], karena ada perubahan jalur, pendakian dan perubahan kecepatan MH370 selama penerbangan selama hampir enam jam di atas Samudra Hindia,” kata Godfrey, yang dilansir dari MailOnline, Selasa (12/3/2024).

Meskipun identitas pilot aktif belum tentu Kapten Zaharie Ahmad Shah, kemungkinan besar dia adalah kapten, imbuh pakar tersebut.

“Secara teoritis mungkin saja, meski kecil kemungkinannya, itu adalah co-pilot atau pembajak,” kata Godfrey.

“Hanya bukti DNA dari kerangka di kokpit puing-puing MH370 atau mungkin dari perekam suara kokpit yang bisa memberi kita kepastian, dan hal itu bisa diajukan ke pengadilan," paparnya.

Pada tahun 2021, Godfrey menerbitkan sebuah laporan yang menggambarkan bagaimana pilot "menghindari memberikan gambaran yang jelas ke mana tujuannya dengan menggunakan jalur pertarungan dengan sejumlah perubahan arah".

“Jalur penerbangan tampaknya terencana dengan baik dan menghindari rute penerbangan komersial,” katanya dalam laporan tersebut.

"Pilot tampaknya tidak begitu peduli dengan penggunaan bahan bakar dan lebih khawatir jika meninggalkan jejak yang salah."

2. Teori Pembajakan


Dr Guy Gratton, profesor penerbangan di Cranfield University, berpendapat MH370 "dalam bentuk pembajakan yang salah" yang dilakukan oleh orang lain selain pilotnya.

"Tebakan terbaik saya—dan saya mengakui bahwa ini adalah tebakan yang kurang tepat karena sedikitnya informasi yang kami miliki—adalah bahwa ini adalah pembajakan oleh seseorang atau beberapa orang yang tidak benar-benar mengetahui apa yang mereka lakukan," katanya kepada MailOnline.

"Bukti menunjukkan bahwa pesawat terbang jauh di bawah kendali tertentu sebelum mendarat dengan kecepatan rendah (jadi sekali lagi, di bawah kendali tertentu—bukan kecelakaan berkecepatan tinggi)," paparnya.

"Tampaknya juga berbagai sistem kelistrikan sengaja dimatikan—kegagalan mematikan antena satcom menjadi satu-satunya pengecualian."

Dr Gratton tidak setuju dengan teori bahwa Kapten Zaharie Ahmad Shah adalah pelakunya, menyusul laporan tentang kehidupan pribadinya yang bermasalah menjelang penerbangan tersebut.

“Terlepas dari kondisi mentalnya atau niat jahat apa pun yang ada di pihaknya, kaptennya sangat berpengalaman dan kompeten, dia mengenal pesawat itu dengan sangat baik,” kata Dr Gratton.

"Saya cukup yakin bahwa jika dia punya pikiran, dia bisa saja menerbangkan pesawat itu sendirian dan meletakkannya di pantai, pulau, atau bandara mana pun di wilayah tersebut, atau bahkan melakukan pelanggaran teroris dengan pesawat itu, tapi dia tidak melakukan satu pun dari hal-hal itu," terangnya.

"Pesawat tersebut malah terbang berjam-jam ke wilayah laut dalam sampai bahan bakarnya habis dan/atau saluran air yang terkendali diterbangkan tepat sebelum bahan bakarnya habis," imbuh dia.

"Bagi saya, itu menyiratkan tingkat ketidakmampuan yang mungkin tidak dia derita."

3. Teori Pesawat Melompat ke Atmosfer Bumi


Kebanyakan teori menyatakan MH370 mempertahankan penerbangan normal ketinggian tinggi sebelum turun menuju permukaan Bumi, baik menukik secara stabil atau drastis.

Namun 10 tahun yang lalu ada dugaan bahwa yang terjadi justru sebaliknya—ia terus naik semakin tinggi sebelum terbakar di atmosfer Bumi.

Puing-puing pesawat yang tersisa jatuh kembali ke Bumi sebelum beberapa di antaranya ditemukan di Samudra Hindia, menurut teori tersebut.

Namun, Dr Gratton mengatakan hal ini tidak mungkin terjadi, karena pesawat komersial mencapai "batas layanan", biasanya sekitar 45.000 kaki, sehingga mereka tidak dapat terbang lebih tinggi lagi.

Hal ini disebabkan kepadatan udara semakin rendah seiring bertambahnya ketinggian.

“Saat kita mendaki, kepadatan udara menjadi berkurang, tekanan menjadi lebih rendah, dan menjadi lebih dingin,” kata Dr Gratton.

"Semakin rendah kepadatan berarti mesin mampu menghasilkan daya dorong yang lebih kecil, dan semakin tinggi Anda melaju, semakin buruk tingkat pendakiannya," jelasnya.

"Akhirnya Anda mencapai ketinggian—yang kami sebut langit-langit—di mana pesawat tidak dapat mendaki lagi," katanya.

MH370 melahirkan upaya pencarian multinasional yang sangat besar—pencarian termahal dalam sejarah penerbangan senilai USD200 juta—yang secara kontroversial ditangguhkan pada Januari 2017.

4. Teori Serangan Siber


Dr Sally Leivesley, konsultan manajemen risiko dan mantan penasihat ilmiah pemerintah Inggris, berhipotesis bahwa pesawat tersebut mungkin menjadi korban serangan siber.

Dia mengatakan kepada MailOnline bahwa pesawat dengan pilot otomatis berpotensi dapat diambil alih dan dikendalikan dari jarak jauh dengan cara yang mirip dengan drone melalui chip komputer.

“Cara terbaik untuk memahami pembajakan siber adalah dengan mempertimbangkan apa yang sekarang kita pahami tentang drone,” kata Dr Leivesley kepada MailOnline.

"Seperti yang Anda lihat pada drone, Anda memiliki seluruh sistem komputasi yang mengontrol ke mana drone pergi, apa yang dilakukannya dalam kondisi tertentu, dan bagaimana reaksinya," terangnya.

"Melihat drone terbang dalam sistem otomatis akan membantu Anda memahami bahwa pesawat dapat terbang sebagai objek jarak jauh," katanya.

Dia pertama kali mengemukakan teori ini pada tahun 2014 dengan maksud untuk memulai penyelidikan forensik siber secara penuh, namun kurangnya upaya tersebut berarti "lalai".

"Ketika MH370 menghilang, konsep pembajakan siber sungguh sulit dipercaya," katanya.

"Kami sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kerentanan sistem yang terkendali," ujarnya.

Dr Leivesley juga mengatakan tidak ada informasi yang membuatnya berasumsi bahwa pilot tersebut memiliki "kondisi psikologis apa pun yang menjadikan tindakan ini sebagai bunuh diri agresif".

5. Teori MH370 Ditembak Jatuh AS


Menurut teori lain, Amerika Serikat (AS) khawatir MH370 telah dibajak dan akan digunakan untuk menyerang pangkalan militer AS di Diego Garcia di Samudra Hindia.

Saat itu, AS—di bawah pemerintahan Barack Obama-–sedang menarik pasukan dari Afghanistan.

Jadi pemerintah AS dicurigai yang menembak jatuh pesawat tersebut, meskipun hal ini tidak menjelaskan penyimpangan aneh pada jalur penerbangan pesawat tersebut.

Dai Whittingham, mantan pilot Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dan CEO UK Flight Safety Committee, mengatakan teori seperti itu "tidak memiliki kredibilitas sama sekali".

“Agar AS dapat menembak jatuh pesawat tersebut, mereka harus mempunyai alasan dan cara untuk melakukannya,” katanya kepada MailOnline.

"Tetapi tidak ada pesawat tempur yang berbasis di Diego Garcia selama operasi di Afghanistan, yang ada hanya pesawat pengebom jarak jauh yang ditarik dari lokasi pertempuran pada tahun 2006."

Teori serupa dikemukakan oleh jurnalis Prancis; Florence de Changy, yang mengatakan MH370 dijatuhkan oleh Angkatan Udara AS setelah upaya gagal mencegat pesawat dan menyita kiriman "peralatan elektronik" dalam perjalanan ke Beijing.

AS, tulisnya, tidak ingin China—di bawah kepemimpinan baru Xi Jinping pada saat itu—memiliki peralatan tersebut.

Jadi, kata de Changy, dua pesawat Peringatan Dini Lintas Udara (AWACS) AS mengapit MH370 dari atas dan bawah, sepenuhnya memblokir medan magnet dan semua komunikasi, menjadikannya tidak terlihat.

Menurut teori ini, pilot Zaharie Ahmad Shah akan diperintahkan oleh AS untuk mendaratkan pesawatnya di pangkalan udara terdekat, kemungkinan besar pangkalan udara U-Tapao di Thailand.

Whittingham menyebut teori ini "menggelikan".

Sementara itu, para pakar lainnya masih belum cukup yakin untuk membentuk teori yang solid atau memilih untuk tidak terlibat dalam spekulasi.

Mark Lowenberg, profesor dinamika penerbangan di Universitas Bristol, berharap masih banyak bukti yang bisa terungkap.

“Saya juga sangat tertarik untuk mengetahui apa yang terjadi pada penerbangan MH370 dan berharap rincian faktual akan terungkap sehingga para penyelidik akhirnya dapat menyetujui penyebab dan rangkaian kejadian yang paling mungkin terjadi,” katanya kepada MailOnline.

Dr Gratton dari Cranfield University menambahkan: "Saya minta maaf, saya pikir ini akan tetap menjadi misteri dan kita hanya bisa menduga-duga."

“Ini bukan posisi yang baik," imbuh dia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)