India Sukses Uji Terbang Rudal Agni-5 yang Mampu Bawa Banyak Hulu Ledak Nuklir

Selasa, 12 Maret 2024 - 09:34 WIB
loading...
India Sukses Uji Terbang Rudal Agni-5 yang Mampu Bawa Banyak Hulu Ledak Nuklir
India sukses menguji terbang rudal balistik Agni-5 untuk pertama kalinya. Misil ini mampu membawa banyak hulu ledak nuklir sekaligus. Foto/Times of India
A A A
NEW DELHI - India berhasil melakukan uji terbang rudal balistik Agni-5 untuk pertama kalinya. Misil yang dikembangkan di dalam negeri ini mampu membawa banyak hulu ledak nuklir.

"Bangga peluncuran uji terbang pertama rudal Agni-5 yang dikembangkan dalam negeri dengan teknologi Multiple Independently Targetable Re-entry Vehicle (MIRV)," tulis Perdana Menteri Narendra Modi di X pada hari Senin, yang dilansir AFP, Selasa (12/3/2024).

Teknologi MIRV memungkinkan Agni-5 membawa beberapa hulu ledak nuklir sekaligus, sehingga dapat berpencar dan menghantam target yang berbeda-beda.



Modi tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai uji terbang tersebut, namun India sebelumnya telah melakukan uji coba beberapa rudal Agni-5, yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India.

Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengatakan bahwa India telah bergabung dengan kelompok negara terpilih yang mampu memiliki teknologi rudal.

Agni, yang berarti "api" dalam bahasa Sansekerta, adalah nama yang diberikan untuk serangkaian misil yang dikembangkan India sebagai bagian dari proyek pengembangan peluru kendali yang diluncurkan pada tahun 1983.

Meskipun Agni-I dan II yang memiliki jangkauan lebih pendek terutama dikembangkan dengan mempertimbangkan rival tradisional; Pakistan, para analis mengatakan versi selanjutnya dengan jangkauan yang lebih panjang mencerminkan pergeseran fokus India terhadap China.

India telah memperdalam kerja sama pertahanan dengan negara-negara Barat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dalam aliansi Quad dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)