Terungkap, AS Sempat Ketir-ketir Rusia Mengebom Nuklir Ukraina pada 2022

Minggu, 10 Maret 2024 - 08:30 WIB
loading...
Terungkap, AS Sempat Ketir-ketir Rusia Mengebom Nuklir Ukraina pada 2022
AS ternyata sempat ketir-ketir Rusia akan mengebom nuklir Ukraina pada akhir 2022. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pada akhir tahun 2022, Amerika Serikat (AS) mulai “bersiap secara ketat” menghadapi kemungkinan Rusia menyerang Ukraina dengan senjata nuklir. Demikian diungkap dua pejabat senior pemerintah Washington kepada CNN.

Jika Moskow mengebom nuklir Kyiv pada saat itu, maka itu akan menjadi serangan nuklir pertama dalam perang sejak Amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki hampir delapan puluh tahun sebelumnya.

Para pejabat tersebut mengatakan pemerintahan Joe Biden secara khusus khawatir Rusia mungkin menggunakan senjata nuklir taktis di medan perang.

Jurnalis CNN, Jim Sciutto, mengatakan dia pertama kali melaporkan bahwa para pejabat AS khawatir mengenai penggunaan senjata nuklir taktis Rusia pada tahun 2022, namun dalam buku barunya, “The Return of Great Powers” yang akan diterbitkan pada 12 Maret 2024, dia mengungkapkan rincian eksklusif tentang tingkat perencanaan darurat yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh para pejabat senior pemerintahan Biden, yang menjadi semakin khawatir dengan situasi ini.



“Itulah yang dihadirkan oleh konflik tersebut kepada kami, jadi kami percaya dan menurut saya merupakan hak kami untuk mempersiapkan diri dengan matang dan melakukan segala kemungkinan untuk menghindari hal tersebut terjadi,” kata pejabat senior pemerintah Biden yang pertama kepada Sciutto, yang dilansir Minggu (10/3/2024).

Apa yang membuat pemerintahan Biden mencapai penilaian mengejutkan tersebut bukanlah hanya satu indikator saja, namun serangkaian perkembangan, analisis, dan—yang terpenting—informasi intelijen baru yang sangat sensitif.

Ketakutan pemerintah, kata seorang pejabat senior pemerintah yang kedua kepada jurnalis tersebut, “bukan hanya hipotetis — hal ini juga didasarkan pada beberapa informasi yang kami kumpulkan.”

“Kami harus membuat rencana sehingga kami berada dalam posisi terbaik seandainya peristiwa yang tidak terpikirkan ini benar-benar terjadi,” kata pejabat senior pemerintahan yang sama kepada Sciutto.

Selama periode tersebut, dari akhir musim panas hingga musim gugur tahun 2022, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengadakan serangkaian pertemuan untuk menetapkan rencana darurat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)