5 Keuntungan bagi Donald Trump dengan Nikki Haley Mundur dari Pertarungan Partai Republik

Kamis, 07 Maret 2024 - 16:30 WIB
loading...
A A A
“Sekarang terserah pada Donald Trump untuk mendapatkan suara dari orang-orang di partai kami dan di luar partai yang tidak mendukungnya,” katanya.

3. Menunjukkan Politikus Perempuan yang Tangguh

5 Keuntungan bagi Donald Trump dengan Nikki Haley Mundur dari Pertarungan Partai Republik

Foto/Reuters

Sebagai mantan gubernur Carolina Selatan, Haley mengalahkan semua lawan utama Partai Republik lainnya, termasuk Gubernur Florida Ron DeSantis, untuk menghadapi Trump satu lawan satu di pemilihan pendahuluan.

Namun pidato keluarnya pun mencerminkan tindakan penyeimbangan yang sulit yang terpaksa ia jalani. Para ahli mengatakan dia mencoba menarik kelompok moderat tanpa mengasingkan pemilih partai yang kesetiaannya kepada Trump telah menjadi sebuah keyakinan.

Sepanjang pemilu, Trump mempermalukan Haley – mantan anggota pemerintahannya – sebagai “otak burung” dan “Partai Republik dalam nama saja”, atau RINO. Dia merayakan kekalahan Super Tuesday dengan sebuah postingan di media sosial, meninjau kembali tuduhan bahwa dia mewakili kepentingan Demokrat.

“Nikki Haley dikalahkan tadi malam, dengan rekor yang memecahkan rekor, terlepas dari kenyataan bahwa Partai Demokrat, karena alasan yang tidak diketahui, diizinkan untuk memberikan suara di Vermont, dan berbagai pemilihan pendahuluan Partai Republik lainnya,” tulis Trump. “Sebagian besar uangnya berasal dari Partai Demokrat Kiri Radikal.”

Para ahli telah mengamati bahwa retorika Trump terhadap Haley telah digaungkan di kalangan pendukungnya, yang mempertanyakan kredibilitas politiknya – dan bahkan kewarganegaraannya sebagai warga Amerika keturunan India.

Trump, misalnya, meragukan apakah dia dilahirkan di Amerika Serikat, sebuah teori konspirasi yang juga dia dorong pada masa kepresidenan Barack Obama dari Partai Demokrat.

“Tingkat sikap negatif Trump dan pendukungnya terhadapnya biasanya hanya dimiliki oleh anggota partai politik lawan,” Thad Kousser, seorang profesor ilmu politik di Universitas California di San Diego, mengatakan kepada Al Jazeera. “Tantangannya terhadap Trump ditanggapi dengan fitnah yang nyata.”

4. Tetap Menyuarakan Isu Konservatif

5 Keuntungan bagi Donald Trump dengan Nikki Haley Mundur dari Pertarungan Partai Republik

Foto/Reuters

Meski Haley mampu memproyeksikan dirinya sebagai alternatif moderat terhadap Trump, ia secara konsisten mengusung posisi sayap kanan dalam isu-isu seperti imigrasi, aborsi, dan kebijakan luar negeri.

Dalam debat pendahuluan Partai Republik awal tahun ini, Haley condong ke poin pembicaraan sayap kanan. “Anda harus mendeportasi mereka,” katanya mengenai sekitar 10 juta imigran tidak berdokumen di AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)