5 Keuntungan bagi Donald Trump dengan Nikki Haley Mundur dari Pertarungan Partai Republik

Kamis, 07 Maret 2024 - 16:30 WIB
loading...
A A A
Dia juga mendorong peningkatan usia pensiun di negaranya dan menyerukan legislasi Demokrat mengatasi perubahan iklim sebagai “manifesto komunis”.

Dukungannya yang tanpa syarat terhadap Israel – bahkan di tengah kampanye mematikannya di Gaza – juga menjadi ciri khas kampanyenya. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, dia mengatakan bahwa pengungsi Palestina di Gaza harus dimukimkan kembali di negara-negara Arab.

Namun, dia tetap mengintai posisi yang membuatnya berselisih dengan beberapa anggota partainya, khususnya Trump.

Dukungannya yang kuat terhadap Ukraina, misalnya, menuai kemarahan dari sayap kanan partai tersebut, dan dia mengkritik tindakan Trump pada 6 Januari 2021, ketika para pendukungnya menyerbu Gedung Capitol AS untuk membatalkan hasil pemilu 2020.

“Saya pikir dia seharusnya menghentikannya ketika hal itu dimulai,” katanya kepada Meet the Press di NBC.

Namun Haley mengakui dampak politik dari kritik semacam itu. Berbicara kepada wartawan pada tahun 2015, dia membahas reaksi buruk yang dia dan orang lain hadapi dari Trump.

“Setiap kali seseorang mengkritiknya, dia akan membalasnya dan melakukan serangan politik,” kata Haley. “Kami sebagai anggota Partai Republik bukanlah orang seperti itu. Bukan itu yang kami lakukan.”

Dengan keluarnya Haley dari pencalonan presiden, Presiden Joe Biden, petahana dari Partai Demokrat, telah memberikan dukungan kepada para pemilih moderat yang mendukung kampanyenya.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Biden memuji Haley karena bersedia “mengatakan kebenaran tentang Donald Trump”. Dia juga merayu para pendukungnya, dengan mengatakan “ada tempat bagi mereka dalam kampanye saya”.

Jajak pendapat Quinnipiac baru-baru ini menemukan bahwa, dari anggota Partai Republik yang memilih Haley, hanya 37 persen yang mengatakan mereka akan memberikan suara mereka untuk Biden jika ia keluar. Namun, hampir setengahnya berjanji untuk mendukung Trump.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2361 seconds (0.1#10.140)