Profil Alexander Stubb, Presiden Finlandia Terbaru

Rabu, 06 Maret 2024 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Setelah itu, dia diangkat menjadi Menteri Urusan Eropa dan Perdagangan dalam Kabinet Jyrki Katainen.

Ketika Katainen mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri dan Ketua Partai Koalisi Nasional pada tahun 2014, Stubb terpilih sebagai ketua partai.

Dia kemudian membentuk koalisi pemerintahan lima partai, dan secara resmi diangkat menjadi Perdana Menteri oleh Presiden Sauli Niinisto pada 24 Juni 2014.

Pada pemilu parlemen yang diadakan pada April 2015, Partai Koalisi Nasional Stubb kehilangan statusnya sebagai partai terbesar, peringkat kedua dalam jumlah suara dan ketiga dalam perolehan kursi.

Setelah negosiasi koalisi antara Partai Pusat yang menang, Partai Finns dan Partai Koalisi Nasional, Stubb diangkat menjadi Menteri Keuangan pada 29 Mei 2015 oleh Perdana Menteri yang baru terpilih, Juha Sipila.

Karir politiknya semakin melejit saat Alexander Stubb dilantik menjadi presiden Finlandia pada Jumat, 1 Maret 2024.

Stubb menjadi Presiden Finlandia dari Partai Koalisi Nasional yang beraliran tengah kanan meraih suara 51,6% dalam pemilu.

Dia ingin memimpin Finlandia dalam kemitraan militer dengan negara-negara Barat. Itu artinya, kebijakan politiknya tampaknya sejajar dengan NATO yang saat ini melancarkan perang proksi melawan Rusia di Ukraina.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)