Profil Alexander Stubb, Presiden Finlandia Terbaru

Rabu, 06 Maret 2024 - 15:15 WIB
loading...
Profil Alexander Stubb, Presiden Finlandia Terbaru
Cai-Goran Alexander Stubb merupakan presiden baru Finlandia. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Cai-Goran Alexander Stubb merupakan politikus yang menjadi presiden Finlandia ke-13 sejak 1 Maret 2024, setelah memenangkan pemilu presiden 2024.

Namanya populer seiring ketegangan terkait perang antara Rusia dan Ukraina, dan Finlandia masuk menjadi anggota baru NATO.

Stubb sebenarnya tidak asing dalam politik Finlandia. Dia sebelumnya menjabat sebagai Perdana Menteri Finlandia pada tahun 2014 hingga 2015.

Kehidupan Awal


Alexander Stubb lahir pada 1 April 1968 di Helsinki, Finlandia. Dia dibesarkan dalam keluarga bilingual; ayahnya, Goran Stubb, berbicara dalam bahasa Swedia, sementara ibunya, Christel Stubb (nee Setala), berbicara dalam bahasa Finlandia.

Stubb menyelesaikan pendidikan sarjananya dalam bidang ilmu politik dari Furman University pada tahun 19931.

Setelah itu, dia melanjutkan studinya di Universitas Sorbonne, Paris, dan mendapatkan gelar Diploma dalam Bahasa dan Peradaban Prancis pada tahun 19941.

Dia juga memperoleh gelar Master dalam administrasi Uni Eropa dari College of Europe di Bruges, dan gelar Ph.D. dalam hubungan internasional dari London School of Economics.

Stubb menikah dengan Suzanne Innes dan mereka memiliki dua anak. Dia fasih berbicara dalam lima bahasa: Swedia, Finlandia, Inggris, Prancis, dan Jerman.

Karir Politik


Stubb memulai karir politiknya sebagai anggota Parlemen Eropa pada tahun 20041. Pada tahun 2008, dia diangkat menjadi Menteri Luar Negeri.

Dia terpilih untuk pertama kalinya ke Parlemen Finlandia pada tahun 2011 dengan jumlah suara kedua tertinggi dalam pemilihan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)