RI Teken Kerjasama Keamanan Siber dengan Inggris

Selasa, 14 Agustus 2018 - 22:30 WIB
RI Teken Kerjasama Keamanan Siber dengan Inggris
RI Teken Kerjasama Keamanan Siber dengan Inggris
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Sandi dan Siber Negara, Mayor Jenderal TNI Djoko Setiadi menyatakan, Indonesia akan "berguru" kepada sejumlah negara, termasuk di dalamnya Inggris untuk memperkuat keamanan siber.

Ditemui pasca menandatangani kesepakatan kerjasama keamanan siber dengan Menteri Muda untuk Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Inggris, Mark Field di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Djoko menyatakan, selain dengan Inggris, Indonesia sudah memiliki kerjasama keamanan siber dengan beberapa negara dan kebanyakan adalah negara Eropa.

Dia menyebut, kerjasama ini penting untuk menangkal serangan melalui dunia maya. Djoko menuturkan, Indonesia sudah beberapa kali menjadi sasaran serangan semacam ini.

"Kita dengar sendiri apa yang terjadi di dalam negara kita. Di KPU kemarin, pemilu, serangan-serangan itu sudah sangat masif, tidak hanya ratusan. Tetapi saya selaku pimpinan BSSN mencari cara bagaimana untuk mencegahnya," ucap Djoko.

"Kita ke depan tidak dapat membayangkan jenis-jenis serangan seperti apa. Untuk itu kita menggandeng negara-negara yang maju untuk adopsi teknologi terbaik," sambungnya pada Selasa (14/8).

Ketika ditanya mengenai jenis kerjasama apa saja yang bisa dilakukan dengan Inggris atau negara lain dalam hal keamanan siber, Djoko menyatakan banyak bentuknya, seperti transfer teknologi atau mungkin pelatihan dengan negara-negara yang memang sudah maju dalam penanganan serangan siber.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4799 seconds (0.1#10.140)