Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A

2. Mengeksplorasi Teknologi Perang

Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?

Foto/Reuters

Rekaman video pada saat itu konon menunjukkan pasukan Ukraina menggunakan drone kecil untuk melawan RSF. Seperti yang dicatat CNN, video tersebut “mengungkap ciri-ciri serangan drone ala Ukraina” dan “taktik yang digunakan – yaitu pola drone yang menukik langsung ke sasarannya – sangat tidak biasa di Sudan dan wilayah Afrika yang lebih luas”.

“Video tersebut menunjukkan bahwa operator khusus Ukraina menargetkan individu Rusia dan non-Rusia yang bekerja atas nama PMC Rusia yang mendukung RSF,” kata Orr. “Pemerintah dan militer Sudan mendukung upaya Ukraina.”

Namun, analis RANE percaya “tidak mungkin” bahwa Ukraina memiliki kehadiran yang signifikan di Sudan, karena “sejumlah kecil materi yang diduga menunjukkan serangan dan aktivitas Ukraina” menunjukkan hal tersebut.

“Sudan akan menjadi target logis yang strategis untuk aktivitas PMC Rusia, karena negara tetangga CAR (Republik Afrika Tengah) adalah salah satu tempat di mana PMC Rusia di bawah GRU (Direktorat Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia) paling aktif sambil memastikan akses ke Sudan akan sesuai dengan strategi Sahel Rusia yang lebih luas,” kata Orr.

Di sisi lain, kegunaan strategis dari aktivitas Ukraina “meragukan” karena Ukraina membutuhkan semua sumber daya yang tersedia untuk mempertahankan wilayahnya sendiri. Meski begitu, Ukraina tidak melihatnya seperti itu.

“Kyiv kemungkinan besar percaya bahwa sedikit sumber daya yang dihabiskan untuk membesar-besarkan ancaman serangan terhadap kepentingan Rusia di Sudan membuka kemungkinan serangan serupa terhadap aktivitas Rusia di Timur Tengah dan Afrika, memaksa Moskow untuk mengeluarkan sumber daya yang tidak proporsional untuk mengamankan aktivitas semacam itu di negara-negara baru. geografi,” kata Orr.

“Oleh karena itu, kesimpulan logis dari strategi Ukraina adalah melakukan operasi serupa terhadap Rusia di Suriah, Libya, atau wilayah lain di Afrika.”

3. Pernah Ingin Menyerah Pasukan Rusia di Suriah

Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?

Foto/Reuters

Ukraina sebelumnya menyusun rencana untuk diam-diam menyerang pasukan Rusia di Suriah, kemungkinan dengan harapan memaksa Moskow mengalihkan pasukannya dari Ukraina.

Anton Mardasov, seorang peneliti non-residen di program Suriah di Institut Timur Tengah, meragukan bahwa penempatan pasukan Ukraina di Sudan dapat memberikan banyak manfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)