Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?
Tentara Ukraina beroperasi di Sudan untuk menarget Wagner. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Ukraina mengalami kemunduran teritorial yang paling signifikan dalam sembilan bulan dengan direbutnya kota Avdiivka oleh Rusia. Tapi, pasukan khusus Rusia dilaporkan justru beroperasi di Sudan.

Banyak laporan yang berulang kali menyebutkan bahwa Ukraina memiliki pasukan yang memerangi tentara bayaran Rusia di medan perang yang sangat berbeda, yang berjarak lebih dari 3.000 kilometer, yakni di Sudan.

Pasukan khusus Ukraina Timur aktif dalam perang saudara di Sudan, menurut laporan di The Kyiv Post awal bulan ini.

Video eksklusif konon menunjukkan pasukan ini menginterogasi Kontraktor Militer Swasta Wagner Rusia yang ditangkap, termasuk seorang tahanan yang mengaku menjadi bagian dari pasukan berkekuatan 100 orang yang dikirim dari negara tetangga, Republik Afrika Tengah, untuk menggulingkan pemerintah.

Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?

1. Berperang Melawan Wagner

Mengapa Pasukan Khusus Ukraina Ikut Berperang di Sudan?

Foto/Reuters

“Tidak banyak informasi yang tersedia di domain publik tentang kehadiran militer Ukraina di Sudan,” kata Matthew Orr, Analis Eurasia di perusahaan intelijen risiko RANE, mengatakan kepada The New Arab.

"Video tersebut menunjukkan bahwa operator khusus Ukraina menargetkan individu Rusia dan non-Rusia yang bekerja atas nama PMC Rusia yang mendukung RSF"

“Sebagian besar informasi yang diketahui berasal dari laporan di media Ukraina yang dibocorkan secara selektif oleh HUR (Direktorat Intelijen Militer) Ukraina, serta laporan di media Barat yang mengutip pejabat intelijen Barat yang mengonfirmasi aspek-aspek laporan tersebut.”

Perang brutal Sudan antara Angkatan Bersenjata Sudan di bawah pimpinan Abdel Fattah al-Burhan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter yang dipimpin oleh Mohammed Hamdan 'Hemedti' Dagalo meletus pada April lalu.

Sejak itu, wabah ini telah menewaskan lebih dari 10.000 orang, menyebabkan enam juta orang mengungsi di dalam negeri, dan menyebabkan 1,7 juta orang lainnya mengungsi ke negara-negara tetangga. Kurang dari seminggu setelah perang, muncul laporan bahwa Wagner memasok RSF dengan rudal permukaan-ke-udara.

Ada juga indikasi pada bulan September bahwa layanan khusus Ukraina beroperasi di Sudan, menargetkan Wagner dan RSF.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)