Pengaruh Diplomatik Turki Berada di Urutan Ketiga setelah China dan AS

Senin, 26 Februari 2024 - 20:59 WIB
loading...
A A A
Untuk memperkuat hubungan bilateral dan multilateral dengan negara-negara di Asia, Ankara telah meluncurkan Inisiatif Asia Baru.

Meskipun Ankara mempertahankan kehadiran diplomatiknya di Australia dan Selandia Baru, Turki tidak terwakili di Pasifik dan memiliki jangkauan terbatas di Kawasan Karibia dan Samudera Hindia.

Lowy Institute mencatat bahwa pendalaman dan perluasan jejak diplomatik negara-negara tersebut “mencerminkan bahwa, meskipun terdapat kemudahan dalam konektivitas online, pemerintah di seluruh dunia terus berinvestasi dalam diplomasi tatap muka dan kehadiran di lapangan.”

“Persaingan negara-negara besar sama lazimnya dalam diplomasi seperti halnya di bidang lain, dengan Amerika Serikat dan Tiongkok mendominasi peringkat tersebut,” katanya.

“Masalah-masalah seperti perang Rusia di Ukraina atau tantangan ekonomi di Afrika Selatan dan Argentina juga menyebabkan penurunan jaringan di beberapa negara,” tambahnya.

“Negara-negara lain telah mengurangi kehadiran mereka di kawasan tertentu seiring dengan perubahan prioritas, sementara persaingan geopolitik telah menjadikan kawasan Pasifik dan Asia sebagai fokus,” kata laporan tersebut.

Laporan tersebut mencatat dampak perang Ukraina terhadap Rusia yang menutup 14 posnya di luar negeri sejak Februari 2022, “sebagian besar akibat memburuknya hubungan atau pengusiran diplomat.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)