Pengaruh Diplomatik Turki Berada di Urutan Ketiga setelah China dan AS

Senin, 26 Februari 2024 - 20:59 WIB
loading...
Pengaruh Diplomatik Turki Berada di Urutan Ketiga setelah China dan AS
Turki memiliki pengaruh diplomatik yang kuat dan menyebar ke berbagai dunia. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Inisiatif luar negeri Turki di Afrika dan Timur Tengah telah membuahkan hasil, meningkatkan kekuatan diplomatik Turki ke posisi ketiga secara global, tepat di belakang China dan Amerika Serikat. Itu menunjukkan Turki mampu mengalahkan Prancis dan Jepang dalam membangun kekuatan diplomatiknya.

Dalam Indeks Diplomasi Global tahun 2024, Lowy Institute of Australia mengatakan sebagai negara kekuatan menengah yang “sedang bangkit”, Turki telah “dengan cepat memperluas” jaringan diplomatiknya di “dunia yang lebih multipolar.”

Laporan tersebut memvisualisasikan jaringan diplomatik 66 negara dan wilayah di Asia, Kelompok 20, dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Turki memiliki 252 misi diplomatik yang tersebar di seluruh dunia, tepat setelah Tiongkok dan Amerika Serikat yang masing-masing memiliki 274 dan 271 misi diplomatik.



“Di antara berbagai bentuk kekuatan nasional – ekonomi, militer, dan teknologi – diplomasi merupakan salah satu alat yang paling tidak diperhitungkan, sehingga sering diabaikan,” kata laporan Lowy Institute.

Turki telah meningkat dengan pesat menjadi pemain diplomatik terbesar ketiga di dunia pada tahun 2023, melampaui kekuatan diplomatik tradisional Jepang dan Prancis.

Mengoperasikan 252 pos diplomatik, Ankara terus memperluas jaringannya, menambahkan 24 pos sejak 2017 dan 11 pos sejak edisi terakhir Indeks ini pada tahun 2021.

“Banyak dari jabatan baru Türkiye berada di Timur Tengah dan Afrika, yang mencerminkan dorongan diplomatik di wilayah yang menjadi kepentingan Ankara,” tambahnya.

Namun, jaringan Turki masih sangat Eurosentris dengan 102 (40%) dari total pos luar negeri berada di wilayah tersebut saja, sehingga membayangi diaspora etnis Turki yang cukup besar di Zona Euro,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)