Bagaimana Trump Mengalahkan Nikki Haley pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina?

Minggu, 25 Februari 2024 - 19:51 WIB
loading...
A A A
Upayanya bergantung pada sekitar 1.700 sukarelawan di seluruh negara bagian, dan dia menjelajahi South Carolina secara agresif dalam beberapa minggu terakhir.

“Sama seperti saat dia mencalonkan diri sebagai gubernur, Nikki adalah kandidat dari luar, konservatif,” kata Olivia Perez-Cubas, juru bicara kampanye. “Sebagai gubernur, dia menandatangani undang-undang yang pro-kehidupan, menindak imigrasi ilegal, dan memihak kedua belah pihak dalam masalah pembelanjaan dan transparansi.”

Mencari dukungan adalah praktik umum dalam politik kepresidenan AS, namun mendapatkan begitu banyak dukungan memainkan peran penting bagi Trump di South Carolina, mengingat hubungan Haley dengan negara bagian tersebut.

Mantan presiden tersebut menggunakan taktik serupa untuk mencoba memaksa gubernur Florida, Ron DeSantis, keluar dari pencalonan. Trump menyoroti keunggulannya yang luar biasa dalam dukungan di Florida untuk memperkuat narasi bahwa ia adalah kandidat yang paling difavoritkan untuk memenangkan nominasi. DeSantis mengakhiri kampanyenya pada bulan Januari.

6. Mencari Dukungan dari Mantan Capres Lainnya

Bagaimana Trump Mengalahkan Nikki Haley pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina?

Foto/Reuters

Dukungan yang paling banyak dicari adalah dari Tim Scott, salah satu senator AS di South Carolina dan pernah menjadi saingan Trump dalam pemilihan presiden, namun mengundurkan diri dari pencalonan pada bulan November.

Scott telah diangkat ke kursi Senat pada tahun 2013 oleh Haley ketika dia menjadi gubernur, jadi mendapatkan dukungannya atas wanita yang mengirimnya ke Senat AS adalah sebuah hadiah besar, kata beberapa donor dan agen yang dekat dengan Trump dan Haley.

Trump telah mempertahankan hubungan dengan Scott selama beberapa waktu. Pada tahun 2020, dia menelepon ibu Scott pada hari ulang tahunnya, kata sumber yang dekat dengan Scott. Menjelang akhir masa kepresidenannya, Trump mengundang Scott dan ibunya untuk naik pesawat Air Force One.

Trump menelepon Scott tak lama setelah sang senator keluar dari pencalonan, kata seseorang yang dekat dengan Trump, sementara sekutu Trump terus berbicara dengan Scott tentang dukungan.

Seseorang yang dekat dengan Haley mengatakan dia bertukar pesan teks dengan Scott setelah dia keluar, namun tidak pernah membahas secara lisan mengenai dukungannya. Tidak jelas mengapa mereka tidak pernah membahas masalah ini secara langsung, namun hubungan Scott dan Haley memburuk selama kampanye di mana kedua kubu saling menyerang, kata orang tersebut.

Pada rapat umum di New Hampshire pada 19 Januari, empat hari sebelum pemilihan pendahuluan di sana, Scott mendukung Trump, sebuah pukulan besar bagi Haley dan harapannya di South Carolina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)