Bagaimana Trump Mengalahkan Nikki Haley pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina?

Minggu, 25 Februari 2024 - 19:51 WIB
loading...
A A A
Baru-baru ini pada bulan Desember, Haley masih mengatakan secara terbuka bahwa South Carolina adalah tempat di mana dia akhirnya akan menang atas Trump dan membalikkan persaingan pencalonan. Sebaliknya, negara ini mungkin akan diingat sebagai negara di mana kampanyenya mengalami pukulan fatal.

Pada 24 Januari – sebulan sebelum pemilihan pendahuluan – Trump telah mendapatkan dukungan dari 158 pejabat Partai Republik di South Carolina, termasuk anggota parlemen, wali kota, dan sheriff. Pada minggu ini Haley telah menerima dukungan dari salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS, 11 anggota parlemen negara bagian saat ini, dan dua walikota.

"Dukungan tersebut (terhadap Trump) memang penting. Jumlah dukungan tersebut benar-benar memalukan bagi Nikki Haley," kata konsultan kampanye Trump.

“Jika Anda melihat kepala polisi setempat atau anggota dewan kota melakukan penginjilan tentang Presiden Trump pada acara barbekyu atau pertemuan lokal, hal ini akan menambah kekuatan pada permainan lapangan dan upaya akar rumput kami,” kata konsultan tersebut.

4. Menggaet Dukungan Tokoh Politik

Bagaimana Trump Mengalahkan Nikki Haley pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina?

Foto/Reuters

Yang mempelopori upaya untuk mendapatkan dukungan adalah gubernur negara bagian, Henry McMaster; Ed McMullen, mantan duta besar Trump untuk Swiss dan veteran politik South Carolina; dan Justin Evans, seorang agen negara yang menjalankan kampanye politik pertama Haley pada tahun 2010.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat South Carolina yang berpengaruh, Murrell Smith, yang mendukung Trump pada Agustus 2023, juga memainkan peran penting dalam mendapatkan dukungan di DPR, seperti yang dilakukan oleh letnan gubernur negara bagian tersebut, Pamela Evette.

McMullen mengatakan dia dan sekutu Trump lainnya mulai membuat sketsa rencana untuk memastikan dominasi total mantan presiden tersebut di negara bagian tersebut sejak Juni 2022, beberapa bulan sebelum Trump secara resmi mengumumkan bahwa dia mencalonkan diri sebagai presiden pada bulan November itu. Haley mendeklarasikan pencalonannya pada Februari 2023.

Perwakilan Trump di South Carolina mulai menghubungi setiap anggota DPR dan Senat negara bagian pada Mei 2023. Anggota parlemen yang enggan mendukung Trump diundang ke pertemuan pribadi dengannya ketika ia terbang ke negara bagian tersebut, baik di bandara atau tempat lainnya.

“Presiden sangat bermurah hati dengan waktunya, dia bertemu dengan banyak orang, hal ini menjelaskan kepada orang-orang bahwa dia serius dan sangat menginginkan dukungan mereka,” kata McMullen.

Sementara itu, Haley mengatakan secara terbuka bahwa dia tidak terganggu dengan dukungan yang diterima Trump, meskipun rekan-rekannya telah mengungkapkan perasaan pengkhianatan karena beberapa sekutu penting meninggalkannya.

5. Menggalang Dukungan Ribuan Sukarelawan

Bagaimana Trump Mengalahkan Nikki Haley pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)