Tewas di Penjara Rusia, Jenazah Navalny Diserahkan kepada Ibunya

Minggu, 25 Februari 2024 - 10:12 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya pada hari Sabtu, Yulia Navalnaya menuduh Putin melakukan "setanisme" karena tidak mengizinkan jenazah suaminya dikembalikan.

“Anda menyiksanya hidup-hidup, sekarang Anda menyiksanya saat dia sudah mati,” kata Yulia Navalnaya, yang bersumpah akan melanjutkan pekerjaan suaminya, dalam sebuah video yang dipublikasikan Sabtu.

“Apa yang dilakukan Putin sekarang adalah kebencian. Bukan, bahkan bukan kebencian, itu semacam satanisme,” ujarnya.

Kematiannya, yang terjadi setelah tiga tahun ditahan di penjara Rusia, memicu keributan di kalangan oposisi negara tersebut dan para pemimpin Barat.

Pada hari Sabtu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menambahkan suaranya kepada mereka yang menuding Kremlin ketika dia mengatakan pemimpin Rusia itu berada di balik kematian Navalny.

“Putin berpura-pura menjadi kuat, namun para pemimpin yang benar-benar kuat tidak membunuh lawan mereka,” kata Trudeau pada konferensi pers di Kyiv, menandai dua tahun sejak invasi Rusia.

Polisi Rusia telah menangkap ratusan pelayat di peringatan darurat Navalny selama seminggu terakhir.

Navalny menjadi terkenal melalui kampanye antikorupsinya, dengan mengungkap dugaan kejahatan yang dilakukannyakeuntungan Putin dan rombongan dalam film-film YouTube yang apik yang ditonton jutaan kali.

Dia ditangkap pada Januari 2021 ketika kembali ke Rusia setelah dirawat di Jerman karena serangan racun yang dideritanya saat berkampanye melawan Putin di Siberia beberapa bulan sebelumnya.

Dari penjara, dia terus berkampanye melawan korupsi di Rusia. Namun dia terpaksa menyaksikan tanpa daya ketika Putin menginvasi Ukraina, membubarkan organisasinya, memenjarakan sekutu-sekutunya dan memaksa orang lain ke pengasingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)