Bagaimana Intelijen Inggris Membantu Israel dalam Perang Gaza?

Minggu, 18 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Melansir Press TV, menurut penelitian yang dilakukan oleh Campaign Against the Arms Trade (CAAT), Inggris telah memberikan lisensi sekitar ÂŁ472 juta ekspor senjata ke Israel sejak tahun 2015. Ekspor ini mencakup berbagai komponen, peralatan, dan teknologi untuk pesawat tempur dan drone.

Perlu dicatat bahwa, seperti yang diamati oleh James Butler, “angka utama diambil dari nilai lisensi standar, namun Inggris juga menjalankan sistem lisensi terbuka yang mengizinkan transfer barang-barang militer tertentu dalam jumlah yang tidak terbatas – dan tidak ditentukan –.”

Pengawasan terhadap genosida rezim Israel di Gaza meningkat di Inggris karena kekhawatiran bahwa senjata yang dipasok oleh Inggris mungkin digunakan untuk melanggar hukum kemanusiaan internasional (IHL).

Terlepas dari kekhawatiran dan seruan dari para aktivis hak asasi manusia untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel, pemerintah Inggris tidak menunjukkan niat untuk menghentikan ekspor senjata tersebut. Penekanan retoris pemerintah Inggris terhadap kepatuhan terhadap HHI sangat kontras dengan pasokan senjata yang tidak terputus kepada rezim apartheid.

Pada minggu-minggu pertama perang, sebuah laporan oleh openDemocracy mengatakan “Pemerintah Inggris tidak memiliki rencana untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel, meskipun para aktivis hak asasi manusia memperingatkan bahwa ekspor senjata tersebut telah digunakan untuk membunuh warga sipil.”

Pada akhir November, ketika didesak di House of Commons, Menteri Pertahanan Grant Shapps menolak gagasan Inggris menangguhkan penjualan senjatanya kepada rezim di Tel Aviv.

Sikap ini tetap bertahan bahkan setelah serangan rezim tersebut pada tanggal 7 Oktober, dengan London dan negara-negara Barat lainnya menyatakan “dukungan tegas” kepada Israel, yang membuat mereka terlibat secara langsung.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)