Bagaimana Kekuatan dan Pengaruh Hamas di Lebanon?

Sabtu, 17 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Bagaimana Kekuatan dan Pengaruh Hamas di Lebanon?
Hamas memiliki kekuatan yang signifikan di Lebanon. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pintu masuk ke kamp pengungsi Burj Barajneh ditutupi dengan bendera kuning kecil milik kelompok Palestina Fatah yang menampilkan wajah mendiang Yasser Arafat dan penggantinya, pemimpin Otoritas Palestina saat ini Mahmoud Abbas.

Namun mereka bukanlah orang-orang yang tepat pada masanya. Kehormatan itu diberikan kepada orang yang wajahnya tidak diketahui karena menutupinya dengan keffiyeh merah: Abu Obaida, juru bicara sayap bersenjata Hamas, Brigade Qassam.

Fatah dan Hamas adalah lawan yang hadir di Lebanon, meskipun mereka sering memiliki agenda yang bersaing secara politik atau bahkan militer, namun hal tersebut tidak berdampak pada warga Palestina di sana.

“Saya tidak mendukung partai mana pun, baik Fatah atau Hamas,” Hassan, seorang pengungsi Palestina berusia pertengahan 20-an, mengatakan kepada Al Jazeera dari bawah lautan kuning.

Namun, Hassan menambahkan, dia menyukai Abu Obaida karena: “Kami mendukung siapa pun yang membantu perjuangan Palestina.”

Pada tanggal 7 Oktober, Brigade Qassam dan faksi bersenjata Palestina lainnya melancarkan Operasi Banjir Al-Aqsa, sebuah serangan terhadap Israel yang menewaskan 1.139 warga sipil dan personel keamanan Israel dan sekitar 240 lainnya dibawa ke Gaza.

Israel menanggapinya dengan kampanye pembalasan yang kejam yang kini telah menewaskan lebih dari 28.000 orang dan membuat lebih dari dua juta orang, atau 90 persen populasi Gaza, mengungsi, sehingga menimbulkan kengerian bagi warga Palestina dan pendukung mereka di seluruh dunia.

Israel juga meningkatkan serangan terhadap Lebanon selatan dalam beberapa hari terakhir, di tengah meningkatnya ketegangan dengan kelompok bersenjata Hizbullah yang mendominasi wilayah tersebut. Pada hari Rabu, serangan Israel di Lebanon menewaskan 10 warga sipil.

Di tengah kehancuran dan kematian, warga Palestina di Lebanon dan banyak warga Lebanon telah membentuk sebuah ketertarikan terhadap gerakan-gerakan yang mereka rasa mampu melawan Israel secara efektif.

Bagaimana Kekuatan dan Pengaruh Hamas di Lebanon?

1. Kehadiran Palestina di Lebanon selama 75 tahun

Bagaimana Kekuatan dan Pengaruh Hamas di Lebanon?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, setelah Nakba tahun 1948, banyak kamp pengungsi Palestina didirikan di Lebanon dan 12 kamp lainnya masih ada di seluruh negeri, menurut Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), dan beberapa di antaranya berada di ibu kota, Beirut. Masing-masing kubu mempunyai dinamika politiknya masing-masing, namun secara historis, Fatah telah menjadi kekuatan politik dan sosial terkuat.

Kelompok ini secara kuat menguasai kamp-kamp tersebut pada tahun 1960an dan 1970an, sebagian berkat Perjanjian Kairo, yang mengalihkan kendali atas kamp-kamp tersebut dari tentara Lebanon ke Komando Perjuangan Bersenjata Palestina.

Ketika Perang Saudara Lebanon pecah pada tahun 1975, Fatah telah mendirikan apa yang oleh banyak orang dianggap sebagai negara di dalam negara, dengan pos-pos pemeriksaan dan penghalang jalan yang membuat sebagian wilayah Lebanon selatan diberi label “Tanah Fatah”.

Kemampuan untuk melakukan mobilisasi telah sedikit memudar seiring berjalannya waktu, dengan banyak warga Palestina di Lebanon yang kini kecewa dengan status quo dan memilih untuk pindah dibandingkan tinggal di kamp-kamp yang tidak mempunyai hak atau peluang politik atau ekonomi.

“Banyak yang tidak mendukung [Fatah maupun Hamas],” kata Marie Kortam, peneliti asosiasi di Institut Timur Dekat Prancis yang mengkhususkan diri pada kelompok Palestina.


2. Hamas Membuat Banyak Terobosan

Bagaimana Kekuatan dan Pengaruh Hamas di Lebanon?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, para analis mengatakan Hamas sedang mencoba memanfaatkan momen yang menjadi sorotan dan kondisi yang tidak menyenangkan di kamp-kamp pengungsi untuk merekrut dan mengembangkan pengaruhnya di Lebanon. Pada awal Desember, Hamas mengumumkan “Garis Depan Banjir Al-Aqsa”, sebuah upaya perekrutan yang dikatakan bertujuan untuk mencari kader politik dan sosial baru.

“[Mereka] mencoba membentuk kader politisi dan pendukung untuk menanamkan moral, nilai-nilai dan formasi politik dalam diri mereka,” kata Kortam.

Meskipun kubu-kubu Palestina mendukung Abu Obaida, Yahya Sinwar dari Hamas, dan pemimpin Brigade Qassam Mohammed Deif, hal itu dilakukan demi perlawanan yang mereka wakili, bukan partai mereka, tegas Kortam. “Hamas tidak mengakar di kamp-kamp seperti Fatah,” kata Kortam.

Meskipun secara historis Hamas tidak sekuat Fatah, Hamas “telah mendapatkan popularitas khususnya di kalangan Sunni di Lebanon” sejak 7 Oktober, kata Mohanad Hage Ali, pakar kelompok Islam di Carnegie Middle East Center.

Pada akhir Oktober, Hamas mengorganisir protes besar di pusat kota Beirut. Ribuan orang datang dari seluruh negeri untuk ambil bagian saat bendera hijau Hamas memenuhi Lapangan Martir. Meskipun sebagian besar peserta adalah orang Palestina, banyak juga warga Lebanon yang hadir dan beberapa harus menempuh perjalanan berjam-jam untuk sampai ke sana.

Pada suatu malam yang dingin di bulan Februari, Abu Iyad, seorang pria Lebanon berusia 38 tahun, duduk di meja di sudut sebuah kafe di Jalan Azmi di Tripoli.

“Kami bersama masyarakat Gaza dan jika perbatasan dibuka, mungkin orang akan pergi,” Abu Iyad, yang bekerja sebagai guru olahraga, mengatakan kepada Al Jazeera. “Lihatlah Suriah dan Irak.”

Selama perang saudara di Suriah, banyak pemuda dari Lebanon utara, termasuk Tripoli, bergabung dengan kelompok yang berperang melawan rezim Bashar al-Assad. Namun, meski banyak orang di wilayah utara Lebanon tergerak atau marah dengan kekerasan di Gaza dan mendukung perjuangan Palestina, mereka belum melakukan mobilisasi secara politik atau militer.

Meskipun ada gosip tentang setidaknya satu ayah Lebanon yang menamai putranya yang baru lahir dengan nama Obaida, sehingga ia bisa dipanggil Abu Obaida, namun dukungan terhadap Hamas atau perlawanan Palestina di sini kurang kuat dibandingkan di kamp-kamp Palestina.

Sambil merokok di luar kafenya dekat tempat pekan raya Tripoli, Haji Kamal mengatakan bahwa kaum muda di Tripoli hanya bisa memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat Gaza selain solidaritas. “Apa yang harus kita lakukan, mengirimi mereka OMT?” dia bertanya dengan nada mengejek, mengacu pada layanan pengiriman uang Lebanon.

Pada bulan November, dua pria dari Tripoli, kota terbesar kedua di Lebanon, tewas ketika mobil yang mereka tumpangi terkena serangan Israel di Lebanon selatan. Di dalam mobil tersebut juga terdapat seorang agen Hamas dan dua warga negara Turki yang baru saja mendarat di negara tersebut.

Tripoli adalah basis Sunni di utara Lebanon, tidak jauh dari perbatasan dengan Suriah. Fakta bahwa dua pria dari sana terbunuh bersama dengan seorang agen Hamas di selatan, sebuah wilayah di mana Hizbullah memegang dominasi militer, menimbulkan pertanyaan apakah Hamas merekrut orang dari luar basis tradisional mereka.

Namun warga di Tripoli mengatakan belum ada mobilisasi massal di kota mereka.

3. Hizbullah Mengendalikan Aktivitas Militer

Bagaimana Kekuatan dan Pengaruh Hamas di Lebanon?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Brigade Qassam Hamas aktif secara militer di Lebanon, kehadirannya difasilitasi oleh hubungan dekat dengan Hizbut Tahrir.

Situasinya tidak selalu sedekat ini, karena hubungan tersebut retak selama perang saudara di Suriah ketika Hamas berpihak pada pasukan yang menentang Bashar al-Assad, salah satu sekutu paling setia Hizbullah.

Ketika Sinwar mengambil alih kepemimpinan Hamas di Gaza pada tahun 2017, pemulihan hubungan dengan Iran dan Hizbullah pun terjadi dan beberapa pemimpin Hamas, termasuk Saleh al-Arouri, pemimpin Brigade Qassam di Tepi Barat yang baru saja dibunuh, pindah ke Lebanon.

Sejak 7 Oktober, Hamas telah melancarkan operasi militer dari Lebanon – seperti 16 roket yang diluncurkan ke Israel yang diklaim oleh Brigade Qassam – namun mereka tetap berada di bawah payung Hizbullah.

“Ini adalah bagian dari sebuah agenda,” kata Manal Kortam, seorang aktivis Palestina di Lebanon (dan saudara perempuan Marie). “Hizbullah menampung mereka. Tidak akan ada roket jika Hizbullah tidak memberi mereka lampu hijau.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)