Putin: Kerja Sama Rusia-China Salah Satu Faktor Penstabil Utama Internasional

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:12 WIB
loading...
Putin: Kerja Sama Rusia-China...
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, 16 Mei 2024. Foto/Sputnik/Sergei Guneev/REUTERS
A A A
BEIJING - Presiden Rusia Vladimir Putin memulai kunjungan kenegaraan pertamanya ke China sejak pelantikannya. Pemimpin Rusia itu diundang Presiden China Xi Jinping selama kunjungan Putin sebelumnya ke Beijing pada Oktober 2023.

Moskow dan Beijing telah mengumpulkan “beban kerja sama praktis yang kuat,” menurut Putin pada pertemuan dengan Xi pada Kamis (16/5/2024).

Presiden Rusia mengungkap perdagangan bilateral pada tahun 2023 meningkat hampir seperempatnya dan mencapai USD227 miliar.

Putin juga menekankan China tetap menjadi mitra dagang dan ekonomi utama Rusia.

Berdasarkan hasil tahun lalu, Rusia naik ke peringkat keempat dalam daftar mitra dagang China.“Persetujuan rencana pengembangan bidang-bidang utama kerja sama ekonomi Rusia-China hingga tahun 2030 menyusul kunjungan Anda ke Moskow pada tahun Maret 2023 memainkan peran langsung dalam hal ini,” ujar pemimpin Rusia itu.

Putin menambahkan, energi, industri dan pertanian merupakan salah satu prioritas dalam kerja sama bilateral.

Presiden Rusia juga menekankan pentingnya kerja sama di bidang teknologi tinggi, inovasi, pembangunan infrastruktur, dan transportasi.

"Kontak kemanusiaan semakin meluas. Kami akan mengadakan acara tahunan kebudayaan Rusia dan China pada tahun 2024-2025, sesuai dengan kesepakatan kami," papar Putin.



Menyambut Xi di awal perundingan, Putin mengatakan dia sangat senang bisa kembali ke China yang ramah bersama teman-temannya enam bulan kemudian.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)