Myanmar Disebut Rencanakan Genosida Terhadap Rohingya

Jum'at, 20 Juli 2018 - 00:00 WIB
Myanmar Disebut Rencanakan Genosida Terhadap Rohingya
Myanmar Disebut Rencanakan Genosida Terhadap Rohingya
A A A
BANGKOK - Pihak berwenang Myanmar telah membuat persiapan yang luas dan sistematis untuk serangan terhadap kelompok minoritas Muslim Rohingya sebelum kelompok tersebut eksodus ke Bangladesh. Demikian laporan terbaru kelompok hak asasi manusia yang berbasi di Bangkok, Thailand.

Dalam laporan yang dirilis Fortify Rights menyatakan ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan terhadap Rohingya melibatkan 22 tentara Myanmar dan pejabat polisi dalam rantai komando. Kelompok ini telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk merujuk situasi tersebut ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk penyelidikan kriminal.

"Genosida tidak terjadi secara spontan," kata Matthew Smith, Chief Executive Officer dari Fortify Rights.

“Impunitas atas kejahatan ini akan membuka jalan bagi lebih banyak pelanggaran dan serangan di masa depan. Dunia tidak bisa duduk diam dan menonton genosida lain, tetapi sekarang, itulah yang terjadi,” tuturnya seperti dikutip dari Time, Kamis (19/7/2018).

Warga Rohingya adalah minoritas Muslim yang teraniaya dan kebanyakan tanpa kewarganegaraan dari negara bagian Rakhine di Myanmar barat, negara yang mayoritas beragama Buddha. Setelah kelompok pemberontak yang dikenal sebagai Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) menyerang pasukan keamanan negara pada 25 Agustus 2017, militer Myanmar melakukan pembalasan brutal terhadap warga sipil Rohingya yang dicirikan oleh pembunuhan, pemerkosaan dan pembakaran. Penindakan itu memaksa lebih dari 700.000 orang Rohingya melarikan diri melintasi perbatasan ke negara tetangga Bangladesh.

Fortify mengatakan bahwa kampanye untuk mengusir mereka bukan hanya respon terhadap serangan pemberontak, seperti yang dipegang oleh narasi yang dominan, tetapi itu direncanakan. Serangan ARSA Agustus adalah yang kedua dari jenisnya; penyerangan fatal pertama kelompok itu dilakukan pada Oktober 2016, yang dibalas militer Myanmar dengan kampanye brutal pemerkosaan dan pembunuhan di luar hukum yang memaksa puluhan ribu orang melarikan diri.

Fortify menunjukkan bahwa kegagalan komunitas internasional untuk menanggapi kekerasan Oktober secara efektif mungkin telah memperkuat pasukan keamanan, yang tampaknya telah siap dan menunggu serangan kedua untuk memicu pengusiran keras kelompok tersebut.

Persiapan sistematis yang terperinci dalam laporan ini termasuk pengumpulan benda tajam atau tumpul dari warga sipil Rohingya, melatih dan mempersenjatai masyarakat non-Rohingya, menghancurkan pagar dan bangunan lain di sekitar rumah-rumah Rohingya, dengan sengaja mencabut sumber makanan Rohingya dan bantuan untuk melemahkan mereka sebelum menyerang, dan mengerahkan pasukan keamanan negara yang tidak perlu ke negara bagian Rakhine utara.

Kelompok ini mengatakan tindakan ini menyerupai "tindakan persiapan" untuk genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana diuraikan oleh Kerangka Kerja PBB untuk Analisis Kekejaman Kejahatan.

Laporan itu mengatakan serangan di Rakhine utara mulai Agustus 2017 dilakukan oleh setidaknya 27 batalion Angkatan Darat Myanmar, yang terdiri hingga 11.000 tentara dan setidaknya tiga batalyon polisi tempur. Ini juga mengidentifikasi 22 pejabat militer dan polisi bertanggung jawab dan menyebut mereka harus menghadapi investigasi kriminal dan kemungkinan penuntutan.

Daftar itu termasuk Panglima Tertinggi Jenderal Min Aung Hlaing, Wakil Panglima Muda Wakil Jenderal Senior Soe Win, dan Kepala Staf Gabungan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Jenderal Angkatan Udara Mya Tun Oo.

Bulan lalu, Amnesty International mengidentifikasi 13 pejabat militer dan polisi Myanmar memiliki peran kunci dalam kejahatan kekerasan terhadap Rohingya. Sesaat sebelum itu, Uni Eropa dan Kanada mengumumkan sanksi terhadap tujuh pejabat senior militer Myanmar yang dituduh terlibat dalam kampanye melawan Rohingya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4995 seconds (0.1#10.140)