alexametrics

Jelang Pertemuan di Helsinki, Rusia Sebut Trump sebagai Mitra

loading...
Jelang Pertemuan di Helsinki, Rusia Sebut Trump sebagai Mitra
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump saat bertemu pada KTT APEC di Vietnam tahun lalu. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Kremlin memuji Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, sebagai mitra. Pujian itu diberikan menjelang pertemuan pertamanya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Kami menganggap Trump sebagai mitra negosiasi," ujar penasihat Kremlin, Yuri Ushakov, kepada wartawan dalam briefing terkait pertemuan keduanya yang akan dihelat di Finlandia awal pekan nanti.

KTT ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan pada saat ketegangan tinggi antara Moskow dan Barat.

"Keadaan hubungan bilateral sangat buruk. Kita harus mulai mengaturnya dengan benar," kata Ushakov seperti dikutip dari AFP, Sabtu (14/7/2018).

Peran dua negara yang bersaing dalam konflik Suriah dan Ukraina serta sengketa lainnya telah mendorong hubungan antara Moskow dan Washington ke titik terendah mereka sejak Perang Dingin.

AS telah melewati serangkaian sanksi terhadap Rusia sejak 2014 atas aneksasi Crimea dari Ukraina dan dugaan ikut campur dalam pemilihan AS, yang disangkal.

"Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mulai menetapkan keadaan negatif hubungan bilateral yang benar, untuk menyetujui langkah-langkah konkrit untuk meningkatkannya dan untuk membangun tingkat kepercayaan yang lebih atau kurang dapat diterima," tutur Ushakov.

"Kami ingin negosiasi ini berkontribusi pada penciptaan atmosfer yang akan memungkinkan kita untuk berbicara tentang kontak berkelanjutan, termasuk kemungkinan kunjungan ke Moskow dan Washington," imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa para presiden akan bertemu empat mata hanya dengan penerjemah mereka. Mereka kemudian akan mengadakan makan siang dengan delegasi penuh mereka.

"Kami siap untuk menjawab hampir semua pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan bilateral dan agenda internasional," ujar Ushakov.

"Salah satu subyek utama diskusi adalah situasi di Suriah, terutama dalam konteks kehadiran militer Iran di negara itu."

Dia mengatakan KTT itu dijadwalkan dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat dan tidak ada batasan waktu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga akan mengadakan pertemuan pertama mereka di Helsinki selama KTT itu.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak