10 Fakta Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza yang Dihancurkan Israel

Rabu, 14 Februari 2024 - 12:22 WIB
loading...
A A A
Masjid ini juga menjadi tempat penyaluran bantuan dari berbagai lembaga dan organisasi kemanusiaan, baik dari Indonesia maupun dari negara-negara lain.

8. Dihancurkan Israel pada Desember 2023


Pada Desember 2023, Israel melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap Jalur Gaza. Hingga saat ini, serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 28.000 warga Palestina, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Serangan Israel ini juga menghancurkan ribuan rumah, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya di Gaza.

10 Fakta Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza yang Dihancurkan Israel


Salah satu sasaran serangan Israel adalah Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, yang berada di kota Khan Younis, salah satu kota terbesar di Gaza.

Pada 11 Desember 2023, pesawat tempur Israel mengebom masjid ini, sehingga menyebabkan kerusakan parah dan kehancuran bangunan.

Kubah masjid ambruk, dinding masjid retak, dan perabotan masjid hancur. Hanya menara masjid yang masih berdiri sebagian, meskipun juga mengalami kerusakan sangat parah.

9. Rakyat Indonesia Kutuk Israel


Kehancuran masjid ini menimbulkan duka dan kemarahan di kalangan umat Islam di Indonesia dan dunia.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengutuk keras serangan Israel terhadap masjid ini, dan menuntut agar Israel bertanggung jawab atas perbuatan biadabnya.

Jokowi juga menegaskan Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan dan kedaulatan dari penjajahan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)