10 Fakta Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza yang Dihancurkan Israel

Rabu, 14 Februari 2024 - 12:22 WIB
loading...
A A A
Selain itu, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan berupa material bangunan, peralatan, dan tenaga ahli.

4. Diresmikan 22 Februari 2022


Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza diresmikan pada tanggal 22 Februari 2022. Masjid ini diharapkan dapat menjadi tempat ibadah, pendidikan, dan pemberdayaan bagi warga Gaza, serta menjadi saksi sejarah perjuangan dan kegigihan rakyat Palestina.

5. Punya Beragam Fungsi dan Aktivitas


Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial, kultural, dan kemanusiaan.

Masjid ini memiliki fasilitas-fasilitas seperti ruang shalat, ruang kelas, perpustakaan, kantor, dapur, toilet, dan sumur.

Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan panel surya, yang dapat menghasilkan listrik sekitar 10 kilowatt, serta sistem pengolahan air yang dapat menyediakan air bersih sekitar 10.000 liter per hari.

6. Bina Ribuan Penghafal Al-Qur’an


Salah satu aktivitas utama yang dilakukan di masjid ini adalah pembinaan penghafal Al-Qur’an, yang melibatkan sekitar 2.000 anak-anak dan remaja Gaza.

Program ini bertujuan melestarikan dan mengembangkan generasi Qur’ani di Gaza, yang menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan akibat blokade dan agresi Israel.

Selain itu, masjid ini juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lain, seperti pengajian, kajian, seminar, pelatihan, bazar, dan pesta pernikahan.

7. Pusat Bantuan Kemanusiaan


Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza juga menjadi salah satu sumber bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza, yang mengalami krisis ekonomi, sosial, dan kesehatan yang parah.

Di masjid ini sering disediakan bantuan berupa makanan, pakaian, obat-obatan, dan perlengkapan sekolah bagi warga yang membutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)