Jenderal Pentagon: AS dan Rusia Berkoordinasi di Level Tepat

Jum'at, 22 Juni 2018 - 10:12 WIB
Jenderal Pentagon: AS dan Rusia Berkoordinasi di Level Tepat
Jenderal Pentagon: AS dan Rusia Berkoordinasi di Level Tepat
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Rusia telah berkoordinasi pada level yang tepat terkait isu-isu internasional termasuk pertukaran informasi melalui kedutaan. Hal itu diungkap Kepala Staf Angkatan Darat AS, Jenderal Mark Milley.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, pada hari Kamis Washington meminta Moskow untuk menahan pasukan pro-pemerintah Suriah memasuki zona de-eskalasi.

"Secara internasional, kami berbicara dengan orang Rusia, tentu saja," kata Milley, seorang jenderal bintang empat di Pentagon, kepada Sputnik di Forum Keamanan Nasional Capitol Hill pada hari Kamis, yang dilansir Jumat (22/6/2018).

"Kami memiliki kedutaan (yang) bertukar informasi, jadi kami berkoordinasi dengan tepat," ujar Milley.

Sekadar diketahui, militer AS telah menghentikan kerja sama dengan militer Rusia sejak 2014 ketika hubungan bilateral antara kedua negara memburuk karena krisis di Ukraina. Dalam krisis Suriah, kebijakan kedua negara juga berseberangan.

Meski kerja sama terhenti, militer AS dan Rusia masih mempertahankan saluran deconfliction untuk mencegah konfrontasi di Suriah.

Kepala Staf Umum Militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov juga mengaku rutin berbicara dengan mitranya dari AS, Jenderal Joseph Dunford.

Pembicaraan telepon terakhir dilaporkan terjadi minggu lalu ketika Gerasimov dan Dunford membahas situasi terbaru di Suriah. Selain itu, menurut Departemen Pertahanan AS, pembicaraan difokuskan pada isu-isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk situasi keamanan di Eropa dan kawasan penting lainnya.

Pada bulan Mei, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert menekankan selama briefing bahwa AS menjaga saluran komunikasi dengan Rusia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3551 seconds (0.1#10.140)