Siapa Emma Little-Pengelly? Wakil Menteri Pertama Irlandia Utara yang Menginspirasi

Minggu, 04 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2015, ia diikutsertakan dalam majelis oleh DUP untuk daerah pemilihan Belfast Selatan dan tidak lama kemudian diangkat sebagai menteri junior.

Dia terpilih pada tahun 2016 tetapi kehilangan kursinya dalam pemilihan majelis cepat pada tahun berikutnya ketika jumlah kursi per daerah pemilihan dikurangi dari enam menjadi lima.

Little-Pengelly bangkit kembali beberapa bulan kemudian ketika dia terpilih untuk mewakili Belfast Selatan di Westminster.

4. Jatuh Bangun dalam Karier Politik

Dia menjadi anggota parlemen selama lebih dari dua tahun tetapi kehilangan kursinya pada pemilihan umum awal pada tahun 2019.

Pada Januari 2020, Little-Pengelly menjadi penasihat khusus Menteri Pertama Arlene Foster ketika eksekutif Stormont baru dibentuk setelah jeda tiga tahun.

Setelah Baroness Foster berhenti sebagai pemimpin DUP dan menteri pertama pada tahun 2021 menyusul pemberontakan kepemimpinan, Ms Little-Pengelly mengumumkan bahwa dia juga mengundurkan diri.

Dia mengatakan ini adalah “waktu yang tepat” untuk mengejar “kepentingan lain dalam beberapa tahun ke depan”, termasuk rencana untuk menjadi sukarelawan di luar negeri di suaka margasatwa di hutan Asia Tenggara.

Namun kurang dari setahun kemudian dia kembali bangkit secara politik ketika dia dikooptasi ke kursi majelis pemimpin DUP Sir Jeffrey Donaldson di daerah pemilihan Lembah Lagan.

Sir Jeffrey, yang merupakan anggota parlemen untuk Lagan Valley, mengatakan setelah pemilu Mei 2022 ia bermaksud untuk tetap di Westminster sampai kekhawatiran DUP mengenai pengaturan perdagangan pasca-Brexit untuk Irlandia Utara terselesaikan.

Pemimpin DUP memberikan Little-Pengelly portofolio Kantor Eksekutif dalam perombakan tim Stormont-nya, menandakan bahwa dia sedang dicalonkan untuk jabatan wakil menteri pertama.

Sir Jeffrey juga menunjuk Little-Pengelly ke dewan pengambil keputusan DUP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)