Trump Nyatakan Pertemuan dengan Kim Jong-un Siap Digelar

Jum'at, 08 Juni 2018 - 00:35 WIB
Trump Nyatakan Pertemuan dengan Kim Jong-un Siap Digelar
Trump Nyatakan Pertemuan dengan Kim Jong-un Siap Digelar
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Singapura pada 12 Juni mendatang sudah siap untuk dilakukan.

Berbicara kepada wartawan saat ia menyambut Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih, Trump mengatakan dia dan Abe akan membahas masalah dan perdagangan Korut.

“Sepertinya rapat sudah diatur. Pertemuan puncaknya sudah siap semua. Subjek selalu berubah. Anda tidak pernah tahu di dunia ini,” kata Trump seperti dikutip dari Reuters, Jumat (8/6/2018).

Trump mengatakan Korea Utara harus menyerahkan senjata nuklirnya, dan AS dapat menambah sanksi jika diperlukan.

"Jika mereka tidak denuklirisasi, itu tidak akan diterima," kata Trump.

“Kami tidak bisa mengambil sanksi. Sanksi luar biasa kuat. Dan saya bisa menambahkan lebih banyak tetapi saya memilih untuk tidak melakukan itu saat ini, tetapi itu mungkin terjadi,” imbuhnya.

Trump mengatakan dia pikir dia sangat siap untuk pertemuan dengan Kim Jong-un.

“Saya rasa saya tidak harus melakukan banyak persiapan. Ini tentang sikap. Ini tentang kesediaan untuk menyelesaikan sesuatu,” tuturnya.

"Saya pikir ini akan menjadi pertemuan yang sangat bermanfaat," ujarnya mengakhiri.

Sementara itu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan ia berharap pertemuan puncang itu akan menjadi momen yang dramatis dan transformasional untuk Asia Timur Laut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4967 seconds (0.1#10.140)