Geger, Zelensky Akan Pecat Panglima Militer Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:20 WIB
loading...
A A A
Meskipun para pejabat Ukraina secara pribadi telah mengisyaratkan ketidakpercayaan antara Zaluzhny dan Zelensky selama setahun terakhir, perselisihan tersebut telah terlihat jelas dalam beberapa bulan terakhir. Musim gugur yang lalu Zaluzhny menyebut perang sebagai “jalan buntu” dalam sebuah wawancara dengan majalah The Economist. Zelensky secara terbuka menolak pernyataan tersebut.

Sumber ketegangan lainnya adalah kesenjangan antara apa yang diminta Zaluzhny untuk militer Ukraina dan apa yang dapat diperoleh para pemimpin politik Kyiv dari sekutu dan mitranya, kata sumber kedua yang mengetahui pertemuan hari Senin.

“Dia mengatakan dalam percakapan dengan menteri pertahanan: 'Bukan tugas saya untuk mendapatkan ini; itu tugas Anda',” lanjut sumber tersebut.

Bantuan yang diusulkan untuk Ukraina terhenti di Washington dan Brussels karena perselisihan politik internal di Amerika Serikat dan Uni Eropa. Anggota Parlemen AS dari Partai Republik telah memblokir permintaan Gedung Putih untuk tambahan USD60 miliar terkait perang di Ukraina.

Kepemimpinan baru militer Ukraina kemungkinan tidak akan mengubah hal tersebut, karena bantuan keamanan yang terhenti telah dikaitkan dengan tercapainya kesepakatan bipartisan untuk perubahan besar dalam kebijakan perbatasan AS.

“Saya tidak tahu siapa yang berikutnya, keputusan apa yang diambil, tapi mungkin mereka hanya ingin mendengar kabar baik dari Panglima, seperti, 'Semuanya berjalan baik, keren,' tapi itu tidak akan terjadi,” kata Andrii, wakil komandan batalyon.

Hingga saat ini, Ukraina relatif stabil dalam jajaran militernya dibandingkan dengan musuh yang melakukan invasi. Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk Jenderal Valery Gerasimov untuk menduduki jabatan tertinggi militer satu tahun yang lalu, memecat Jenderal Sergei Surovikin, yang baru menjabat selama tiga bulan.

“Rezim Kyiv punya banyak masalah, dan semuanya berjalan salah di sana, itu sudah pasti,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Rabu ketika ditanya tentang kemungkinan pemecatan Zaluzhny.

“Jelas, kegagalan serangan balasan dan masalah di garis depan meningkatkan perselisihan di antara anggota rezim Kyiv,” imbuh Peskov.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)