Geger, Zelensky Akan Pecat Panglima Militer Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:20 WIB
loading...
Geger, Zelensky Akan Pecat Panglima Militer Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan memecat Panglima Militer Jenderal Valery Zaluzhny di tengah perang melawan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada Panglima Militer Jenderal Valery Zaluzhny bahwa dia memecatnya dalam sebuah pertemuan pada hari Senin.

Itu diungkap seorang pejabat senior yang mengetahui percakapan tersebut. Jika terjadi, itu akan menjadi sebuah perombakan militer yang mengganggu di tengah perang Ukraina melawan Rusia.

Zelensky dan Jenderal Zaluzhny memang telah berseteru selama berbulan-bulan, dan pemecatan tersebut—jika dilakukan—akan menjadi puncak perselisihan mereka

Zaluzhny masih memegang jabatannya untuk saat ini, namun keputusan resmi presiden diperkirakan akan mengonfirmasi pemecatannya setelah dua tahun invasi Rusia dan ketika pasukan Moskow mendapatkan inisiatif strategis di beberapa wilayah garis depan.



Pada hari Senin, juru bicara Zelensky, Serhiy Nykyforov, membantah bahwa Jenderal Zaluzhny telah dipecat.

“Tidak ada topik pembicaraan,” kata Nykyforov kepada wartawan. “Tidak ada perintah. Presiden tidak memecat Panglima."

Nykyforov pada hari Rabu (31/1/2024) tidak segera membalas pesan dari The Washington Post yang meminta komentar terbaru.

Masih belum jelas apakah komandan baru mana pun akan mampu memperbaiki situasi sulit Ukraina di medan perang tanpa penambahan pasukan dan senjata secara signifikan—persis seperti yang dituntut Jenderal Zaluzhny dari Zelensky, sehingga menambah ketegangan pada hubungan mereka yang sudah memburuk.

Popularitas Zaluzhny—baik di kalangan militer maupun di kalangan warga biasa—menjadikan pemecatannya sebagai pertaruhan politik bagi Zelensky. Hal ini juga menimbulkan risiko strategis pada saat Rusia semakin meningkatkan serangannya dan bantuan keamanan Barat untuk Kyiv melambat.

Jenderal tersebut telah membangun hubungan yang kuat dengan rekan-rekannya di Barat dan seringkali mampu melakukan advokasi secara langsung untuk materiil tertentu dan mencari nasihat mengenai strategi medan perang.

Tidak jelas apakah Zelensky dan timnya telah merencanakan pemecatan itu terjadi minggu ini sebelum rincian pertemuan hari Senin itu bocor ke beberapa media dan saluran di aplikasi media sosial Telegram. Namun ketegangan antara kedua petinggi Ukraina tersebut telah meningkat selama berbulan-bulan.

Serangan balasan Ukraina yang sangat dinanti-nantikan tahun lalu, menggunakan tentara yang dilatih oleh sekutu NATO dan dengan senjata dan peralatan Barat, hanya berhasil merebut kembali sedikit wilayah dan jauh dari harapan.

Zaluzhny dan rekan-rekan Amerika sangat tidak setuju mengenai taktik, dan komandan Ukraina tersebut pada akhirnya mengabaikan nasihat Amerika Serikat (AS) untuk memusatkan pasukannya, yang dia yakini dapat menyebabkan lebih banyak korban jiwa.

Dalam percakapan mereka pada hari Senin, Zelensky mengatakan kepada Zaluzhny bahwa warga Ukraina sudah bosan dengan perang dan bahwa para pendukung negara tersebut juga memperlambat bantuan militer, jadi mungkin komandan baru akan memulihkan situasi, kata orang yang mengetahui percakapan mereka.

Dua orang berbicara tentang pertemuan tersebut dengan syarat anonimitas untuk berterus terang mengenai situasi yang sangat sensitif dengan implikasi yang tidak dapat diprediksi terhadap perang dan keamanan Ukraina.

Anggota senior staf Zaluzhny juga diperkirakan akan diberhentikan, kata salah satu sumber.

Dalam pertemuan hari Senin, perbedaan pendapat di antara kedua pejabat tinggi itu memuncak karena ketidaksepakatan mengenai berapa banyak tentara yang perlu dimobilisasi Ukraina tahun ini, menurut dua orang yang mengetahui percakapan mereka.

Kedua sumber itu mengatakan Zaluzhny mengusulkan untuk memobilisasi hampir 500.000 tentara, angka yang dianggap tidak praktis oleh Zelensky mengingat kelangkaan seragam, senjata dan fasilitas pelatihan serta potensi tantangan terkait perekrutan.

Zelensky juga mengatakan secara terbuka bahwa Ukraina kekurangan dana untuk membayar begitu banyak wajib militer baru.

Zaluzhny menjawab bahwa Ukraina sudah kekurangan pasukan karena banyaknya korban jiwa dan perlu menambah 400.000 tentara baru yang rencananya akan dimobilisasi Rusia, imbuh seseorang sumber.

Andrii, wakil komandan batalion militer Ukraina, mengecam pemecatan Jenderal Zaluzhny. Andrii, seperti tentara lainnya, diidentifikasi hanya dengan nama depannya karena dia tidak berwenang berbicara di depan umum.

"Zaluzhny memiliki pemikiran yang masuk akal mengenai mobilisasi,” kata Andrii. “Orang-orang berkata, 'Kami tidak membutuhkan mobilisasi; semuanya baik-baik saja di sana', namun ternyata tidak...di sini. Mereka tidak tahu apa yang terjadi di sini.”

Belum jelas siapa yang akan menggantikan Zaluzhny yang berusia 50 tahun jika benar-benar dipecat sebagai Panglima Militer Ukraina.

Salah satu kandidat utama adalah kepala intelijen militer Ukraina, Letnan Jenderal Kyrylo Budanov yang berusia 38 tahun. Penunjukannya berpotensi menandakan pergerakan menuju taktik asimetris—seperti serangan pesawat tak berawak jauh ke wilayah Rusia yang sering diperintahkan Budanov—dalam perang di mana garis depan hanya mengalami sedikit perubahan selama lebih dari setahun.

Namun Budanov, yang berlatar belakang pasukan khusus, tidak memiliki pengalaman sebagai komandan tentara.

Pilihan lainnya adalah Kolonel Jenderal Oleksandr Syrsky, komandan pasukan darat Ukraina berusia 58 tahun, yang berjasa memimpin pertahanan Kyiv pada bulan pertama perang dan kemudian mengatur serangan balasan yang sukses di wilayah timur laut Kharkiv pada tahun Musim gugur 2022. Namun di antara prajurit biasa, Syrsky sangat tidak disukai karena dianggap oleh banyak orang sebagai komandan gaya Soviet yang terlalu lama membiarkan pasukannya diserang di kota timur Bakhmut ketika Ukraina seharusnya mundur.

Baik Budanov dan Syrsky dianggap favorit Zelensky dan Andriy Yermak, kepala kantor kepresidenan dan penasihat terdekat Zelensky. Namun, di wilayah yang lebih dekat, nampaknya tidak ada keinginan untuk melakukan perombakan.

“Pendapat pribadi saya adalah Anda tidak dapat melakukan hal seperti ini saat ini—Zaluzhny adalah seseorang yang 80 persen militer anggap sebagai otoritas yang baik,” kata Oleksandr, seorang komandan batalion yang bertempur di Ukraina timur.

“Untuk apa dia disingkirkan? Itu tidak jelas. Dan siapa yang akan menggantikannya? Syrsky? Ya Tuhan, kuharap tidak. Tidak ada seorang pun di militer yang menyukai Syrsky,” imbuh Oleksandr.

Zaluzhny ditawari jabatan lain tetapi ditolak, dan berencana pensiun dari militer, menurut seorang pejabat senior Ukraina Saat dihubungi TheWashington Post.

Zaluzhny sejauh ini menolak berkomentar.

Untuk saat ini, dia masih menduduki jabatan puncak militer Ukraina, dan perintah resmi untuk memecatnya mungkin tertunda.

Tahun lalu, ketua faksi Zelensky di parlemen mengumumkan bahwa Oleksii Reznikov, yang saat itu menjabat sebagai menteri pertahanan, akan digulingkan, namun Reznikov tetap menjabat selama berbulan-bulan sebelum akhirnya dicopot.

“Ini adalah langkah yang membawa bencana,” kata Oleksandr. “Saat ini resmi, kita kacau. Moral militer dan masyarakat akan turun drastis.”

Perselisihan antara Zelensky dan Zaluzhny telah terjadi selama berbulan-bulan, dan sang jenderal memperkirakan dia akan dipecat sejak musim panas 2022, kata seorang sumber Ukraina.

Zaluzhny telah menjadi Panglima Militer Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022 dan, menurut jajak pendapat, dia menyaingi Zelensky dalam hal popularitas, menjadikannya potensi ancaman politik jika pemilihan presiden diadakan.

Pemilu saat ini dilarang di Ukraina karena darurat militer, namun dalam kondisi normal pemilu seharusnya dilaksanakan tahun ini.

“Hanya ada satu penjelasan: Pemerintah Zelensky hanya menempatkan kesalahannya di pundak Zaluzhny,” kata seorang tentara yang bertempur di kota Avdiivka di bagian timur yang terkepung.

“Zelensky sangat bergantung pada rating, dan dia memahami sepenuhnya bahwa rating Zaluzhny saat ini jauh lebih tinggi daripada ratingnya. Dan itu saja. Saya pikir politik tidak boleh mengganggu militer dalam menjalankan tugasnya.”

Meskipun para pejabat Ukraina secara pribadi telah mengisyaratkan ketidakpercayaan antara Zaluzhny dan Zelensky selama setahun terakhir, perselisihan tersebut telah terlihat jelas dalam beberapa bulan terakhir. Musim gugur yang lalu Zaluzhny menyebut perang sebagai “jalan buntu” dalam sebuah wawancara dengan majalah The Economist. Zelensky secara terbuka menolak pernyataan tersebut.

Sumber ketegangan lainnya adalah kesenjangan antara apa yang diminta Zaluzhny untuk militer Ukraina dan apa yang dapat diperoleh para pemimpin politik Kyiv dari sekutu dan mitranya, kata sumber kedua yang mengetahui pertemuan hari Senin.

“Dia mengatakan dalam percakapan dengan menteri pertahanan: 'Bukan tugas saya untuk mendapatkan ini; itu tugas Anda',” lanjut sumber tersebut.

Bantuan yang diusulkan untuk Ukraina terhenti di Washington dan Brussels karena perselisihan politik internal di Amerika Serikat dan Uni Eropa. Anggota Parlemen AS dari Partai Republik telah memblokir permintaan Gedung Putih untuk tambahan USD60 miliar terkait perang di Ukraina.

Kepemimpinan baru militer Ukraina kemungkinan tidak akan mengubah hal tersebut, karena bantuan keamanan yang terhenti telah dikaitkan dengan tercapainya kesepakatan bipartisan untuk perubahan besar dalam kebijakan perbatasan AS.

“Saya tidak tahu siapa yang berikutnya, keputusan apa yang diambil, tapi mungkin mereka hanya ingin mendengar kabar baik dari Panglima, seperti, 'Semuanya berjalan baik, keren,' tapi itu tidak akan terjadi,” kata Andrii, wakil komandan batalyon.

Hingga saat ini, Ukraina relatif stabil dalam jajaran militernya dibandingkan dengan musuh yang melakukan invasi. Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk Jenderal Valery Gerasimov untuk menduduki jabatan tertinggi militer satu tahun yang lalu, memecat Jenderal Sergei Surovikin, yang baru menjabat selama tiga bulan.

“Rezim Kyiv punya banyak masalah, dan semuanya berjalan salah di sana, itu sudah pasti,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Rabu ketika ditanya tentang kemungkinan pemecatan Zaluzhny.

“Jelas, kegagalan serangan balasan dan masalah di garis depan meningkatkan perselisihan di antara anggota rezim Kyiv,” imbuh Peskov.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)