Geger, Zelensky Akan Pecat Panglima Militer Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:20 WIB
loading...
A A A
Zaluzhny ditawari jabatan lain tetapi ditolak, dan berencana pensiun dari militer, menurut seorang pejabat senior Ukraina Saat dihubungi TheWashington Post.

Zaluzhny sejauh ini menolak berkomentar.

Untuk saat ini, dia masih menduduki jabatan puncak militer Ukraina, dan perintah resmi untuk memecatnya mungkin tertunda.

Tahun lalu, ketua faksi Zelensky di parlemen mengumumkan bahwa Oleksii Reznikov, yang saat itu menjabat sebagai menteri pertahanan, akan digulingkan, namun Reznikov tetap menjabat selama berbulan-bulan sebelum akhirnya dicopot.

“Ini adalah langkah yang membawa bencana,” kata Oleksandr. “Saat ini resmi, kita kacau. Moral militer dan masyarakat akan turun drastis.”

Perselisihan antara Zelensky dan Zaluzhny telah terjadi selama berbulan-bulan, dan sang jenderal memperkirakan dia akan dipecat sejak musim panas 2022, kata seorang sumber Ukraina.

Zaluzhny telah menjadi Panglima Militer Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022 dan, menurut jajak pendapat, dia menyaingi Zelensky dalam hal popularitas, menjadikannya potensi ancaman politik jika pemilihan presiden diadakan.

Pemilu saat ini dilarang di Ukraina karena darurat militer, namun dalam kondisi normal pemilu seharusnya dilaksanakan tahun ini.

“Hanya ada satu penjelasan: Pemerintah Zelensky hanya menempatkan kesalahannya di pundak Zaluzhny,” kata seorang tentara yang bertempur di kota Avdiivka di bagian timur yang terkepung.

“Zelensky sangat bergantung pada rating, dan dia memahami sepenuhnya bahwa rating Zaluzhny saat ini jauh lebih tinggi daripada ratingnya. Dan itu saja. Saya pikir politik tidak boleh mengganggu militer dalam menjalankan tugasnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)