Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Rabu, 31 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
"Jika kita kehabisan bahan untuk ditembak... itu akan menjadi masalah besar," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa perencanaan untuk kemungkinan darurat di Taiwan sudah berjalan dengan baik.

Para pejabat AS memperingatkan bahwa jika terjadi konflik besar, kapal-kapal Angkatan Laut bisa dengan cepat kehabisan pertahanan rudal.

Dalam latihan perang yang diselenggarakan pada bulan April, China bersiap menghadapi serangan amfibi terhadap Taiwan dengan serangan udara dan rudal besar-besaran terhadap pangkalan AS di wilayah tersebut. Itu termasuk pangkalan angkatan laut AS di pulau Okinawa, Jepang, dan Pangkalan Udara Yokota di barat Tokyo.

4. Membangun Gudang Militer di Australia

Potensi dampak serangan terhadap pusat logistik AS, kapal pengisian bahan bakar, dan tanker pengisian bahan bakar di udara, merupakan “seruan untuk membangunkan” bagi banyak anggota parlemen, kata Becca Wasser dari wadah pemikir Center for a New American Security (CNAS), yang menjalankan latihan perang tersebut.

“China akan dengan sengaja menyerang beberapa titik logistik untuk mempersulit Amerika Serikat dalam mempertahankan operasinya di Indo-Pasifik,” kata Wasser.

Untuk mengatasi kerentanan tersebut, militer A.S. mencari tempat seperti Australia sebagai lokasi yang lebih aman untuk menimbun peralatan, bahkan ketika militer AS memperluas kerja sama dengan Filipina, Jepang, dan mitra lainnya di Pasifik.

Pemerintahan Biden mengumumkan pada bulan Juli bahwa Amerika Serikat juga akan mendirikan pusat logistik sementara di Bandiana, Australia dengan tujuan untuk pada akhirnya menciptakan “kawasan dukungan logistik yang bertahan lama” di Queensland.

Menurut dokumen internal militer AS yang dilihat oleh Reuters, fasilitas di Bandiana dapat menampung lebih dari 300 kendaraan dan memiliki 800 posisi palet.

5. Memperbanyak Latihan Perang

Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Foto/Reuters

Pada bulan Juli, Angkatan Udara A.S. melaksanakan Mobility Guardian 23, sebuah latihan di Indo-Pasifik bersama Australia, Kanada, Prancis, Jepang, Selandia Baru, dan Inggris, yang mencakup latihan pengisian bahan bakar di udara dan evakuasi medis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)