Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Rabu, 31 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?
AS sudah menyiapkan strategi jika China menginvasi Taiwan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketika pasukan AS dan Australia melakukan pendaratan amfibi, pertempuran darat, dan operasi udara musim panas lalu. Aksi itu menjadi perhatian karena sekutu yang memperdalam kerja sama pertahanan untuk melawan ambisi militer China yang semakin meningkat.

Itu tidak lagi karena dukungan AS untuk Taiwan menjadi isu utama yang menjadi perhatian banyak pihak. Apalagi, jaminan dukungan militer AS kepada Taiwan menjadi hal yang mengkhawatirkan jika China menginvasi Taiwan.

Bagaimana Strategi AS saat Perang China dan Taiwan Pecah?

1. Fokus pada Perang Logistik

Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Foto/Reuters

Bagi para perencana perang AS yang bersiap menghadapi potensi konflik terkait Taiwan, latihan Talisman Sabre yang terkenal ini memiliki nilai yang jauh lebih tersembunyi: Latihan ini membantu menciptakan timbunan baru peralatan militer yang tertinggal di Australia setelah latihan tersebut berakhir pada bulan Agustus.

AS dan sekutunya semakin khawatir bahwa di tahun-tahun mendatang Presiden China Xi Jinping akan memerintahkan militernya untuk merebut Taiwan, pulau yang diperintah secara demokratis dan dianggap sebagai wilayahnya oleh China. Oleh karena itu, militer AS sangat memperhatikan kesiapan militernya dan berusaha mengejar ketertinggalan di bidang penting: jaringan logistiknya.

Peralatan dari Talisman Sabre mencakup sekitar 330 kendaraan dan trailer serta 130 kontainer di gudang di Bandiana, di tenggara Australia.

Jumlah peralatan tersebut, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya, cukup untuk memasok sekitar tiga perusahaan logistik, dengan sebanyak 500 tentara atau lebih, yang fokus untuk memastikan pasokan sampai ke para prajurit.

Ini adalah jenis material yang dibutuhkan untuk latihan di masa depan, bencana alam, atau perang.

“Kami ingin melakukan hal ini lebih banyak lagi,” kata Jenderal Angkatan Darat Charles Flynn, komandan tertinggi Angkatan Darat di Pasifik, kepada Reuters.

“Ada sejumlah negara lain di kawasan ini yang sudah kami sepakati untuk melakukan hal tersebut,” tambahnya, tanpa menyebutkan nama negara tertentu.

Wawancara Reuters dengan lebih dari dua puluh pejabat AS saat ini dan mantan pejabat AS menemukan bahwa logistik militer Amerika di Pasifik adalah salah satu kerentanan terbesar AS dalam potensi konflik terkait Taiwan.

Latihan perang AS telah menyimpulkan bahwa China kemungkinan akan mencoba membom pasokan bahan bakar jet atau mengisi bahan bakar kapal, sehingga melumpuhkan kekuatan udara dan laut AS tanpa harus melawan jet tempur bersenjata lengkap atau menenggelamkan armada kapal perang permukaan Amerika.

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat berusaha menyebarkan pusat logistik militernya ke seluruh kawasan – termasuk gudang di Australia.

Ketika ditanya tentang kesimpulan Reuters, Pentagon mengatakan bahwa Departemen Pertahanan bekerja sama dengan sekutu untuk membuat pasukan AS lebih mobile dan terdistribusi.

Namun para kritikus mengatakan jaringan Washington masih terlalu terkonsentrasi dan pemerintah belum memberikan dana yang cukup atau tidak mendesak untuk melakukan upaya tersebut.


2. Memperkuat Intelijen Militer

Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Foto/Reuters

“Ketika Anda benar-benar menggali beberapa lapisan, komunitas intel akan berkedip-kedip dalam lima tahun ke depan. Namun beberapa dari jangka waktu ini (untuk mengatasi risiko) adalah 10, 15, 20 tahun,” kata Anggota Kongres Mike Waltz, seorang Republikan yang memimpin subkomite DPR yang mengawasi logistik dan kesiapan militer. “Ada ketidakcocokan di sana.”

Badan logistik militer AS, Komando Transportasi AS (TransCom), telah mencapai kesuksesan besar: menyalurkan lebih dari 660 juta pon peralatan dan lebih dari 2 juta butir artileri kepada militer Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

Mendukung Taiwan, yang terletak sekitar 100 mil dari pantai Tiongkok, akan jauh lebih sulit, demikian pengakuan para pejabat dan pakar AS.

AS belum secara resmi mengatakan akan melakukan intervensi jika China menyerang Taiwan, namun Presiden Joe Biden telah berulang kali menyatakan bahwa ia akan mengerahkan pasukan AS untuk mempertahankan pulau tersebut.

Xi telah memerintahkan militernya untuk siap mengambil alih Taiwan pada tahun 2027. Namun banyak analis melihat hal itu sebagai upaya untuk memperkuat militernya dan bukan sebagai batas waktu untuk melakukan invasi.

3. Memprioritaskan Pasokan Amunisi

Seorang pejabat senior militer A.S., yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan pasokan amunisi berada di urutan teratas daftar prioritas di Indo-Pasifik, diikuti oleh bahan bakar, makanan, dan harga cadangan.

"Jika kita kehabisan bahan untuk ditembak... itu akan menjadi masalah besar," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa perencanaan untuk kemungkinan darurat di Taiwan sudah berjalan dengan baik.

Para pejabat AS memperingatkan bahwa jika terjadi konflik besar, kapal-kapal Angkatan Laut bisa dengan cepat kehabisan pertahanan rudal.

Dalam latihan perang yang diselenggarakan pada bulan April, China bersiap menghadapi serangan amfibi terhadap Taiwan dengan serangan udara dan rudal besar-besaran terhadap pangkalan AS di wilayah tersebut. Itu termasuk pangkalan angkatan laut AS di pulau Okinawa, Jepang, dan Pangkalan Udara Yokota di barat Tokyo.

4. Membangun Gudang Militer di Australia

Potensi dampak serangan terhadap pusat logistik AS, kapal pengisian bahan bakar, dan tanker pengisian bahan bakar di udara, merupakan “seruan untuk membangunkan” bagi banyak anggota parlemen, kata Becca Wasser dari wadah pemikir Center for a New American Security (CNAS), yang menjalankan latihan perang tersebut.

“China akan dengan sengaja menyerang beberapa titik logistik untuk mempersulit Amerika Serikat dalam mempertahankan operasinya di Indo-Pasifik,” kata Wasser.

Untuk mengatasi kerentanan tersebut, militer A.S. mencari tempat seperti Australia sebagai lokasi yang lebih aman untuk menimbun peralatan, bahkan ketika militer AS memperluas kerja sama dengan Filipina, Jepang, dan mitra lainnya di Pasifik.

Pemerintahan Biden mengumumkan pada bulan Juli bahwa Amerika Serikat juga akan mendirikan pusat logistik sementara di Bandiana, Australia dengan tujuan untuk pada akhirnya menciptakan “kawasan dukungan logistik yang bertahan lama” di Queensland.

Menurut dokumen internal militer AS yang dilihat oleh Reuters, fasilitas di Bandiana dapat menampung lebih dari 300 kendaraan dan memiliki 800 posisi palet.

5. Memperbanyak Latihan Perang

Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Foto/Reuters

Pada bulan Juli, Angkatan Udara A.S. melaksanakan Mobility Guardian 23, sebuah latihan di Indo-Pasifik bersama Australia, Kanada, Prancis, Jepang, Selandia Baru, dan Inggris, yang mencakup latihan pengisian bahan bakar di udara dan evakuasi medis.

Militer menggunakan kesempatan ini untuk meninggalkan peralatan, termasuk di Guam. Peralatan itu membantu pasukan di sana menghadapi dampak Topan Mawar baru-baru ini, tetapi juga akan berguna dalam konflik di masa depan, kata Mayor Jenderal Angkatan Udara Darren Cole, direktur operasi di Komando Mobilitas Udara.

Cole mencatat bahwa komandonya bertanggung jawab tidak hanya atas bantuan bencana tetapi juga kontinjensi "hingga operasi tempur penuh, perang besar skala penuh."

6. Mengandalkan Pangkalan Besar

Kemudian, telah terjadi perubahan dalam pemikiran militer Amerika Serikat. Selama beberapa dekade, Amerika Serikat tidak perlu khawatir mengenai kekuatan asing yang menargetkan basis logistiknya. Hal ini memungkinkan para perencana untuk fokus pada efisiensi, dengan mengadopsi model logistik “just-in-time” yang umum digunakan oleh produsen sektor swasta.

Pendekatan tersebut menghasilkan keputusan penghematan biaya untuk menciptakan pangkalan besar, seperti Pangkalan Udara Ramstein di Jerman. Ramstein aman dari serangan Taliban dan ISIS.

Namun konflik dengan China dapat membuat pangkalan-pangkalan besar, termasuk Kamp Humphreys di dekat Seoul, menjadi sasaran utama. Risiko ini mendorong peralihan ke pendekatan logistik yang lebih mahal yang mencakup penyebaran stok AS dan penempatan pasokan di seluruh wilayah.

7. Fokus pada Efektitivitas Dibandingkan Efisiensi

Bagaimana Strategi AS jika Perang China dan Taiwan Pecah?

Foto/Reuters

“Daripada merencanakan efisiensi, Anda mungkin (perlu) merencanakan efektivitas, dan beralih dari ‘Tepat pada waktunya’ ke ‘Berjaga-jaga’,” kata Laksamana Muda Dion English, salah satu pejabat logistik utama Pentagon.

AS melakukan hal ini di Eropa setelah Rusia mencaplok Krimea pada tahun 2014, dengan melakukan penempatan saham terlebih dahulu dan berinvestasi di pangkalan dan lapangan terbang yang dapat digunakan oleh pasukan AS jika diperlukan. Dalam lima tahun menjelang invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, Pentagon meminta dana sebesar $11,65 miliar dari Kongres untuk menyiapkan peralatan di Eropa.

Sebaliknya, analisis Reuters terhadap permintaan anggaran Pentagon menemukan bahwa militer saat ini berencana hanya meminta USD2,5 miliar dari tahun fiskal 2023 hingga 2027 untuk menyiapkan peralatan dan bahan bakar serta meningkatkan logistik di Asia. Pentagon saat ini memiliki anggaran tahunan sekitar USD842 miliar.

8. Memperbaharui Kapal Logistik Militer

Masalah lain yang merugikan adalah penuaan armada kapal angkut AS. Usia rata-rata kapal yang dirancang untuk membawa muatan berat, seperti tank, ke zona konflik adalah 44 tahun dan beberapa di antaranya berusia lebih dari 50 tahun.

Salah satu analisis tajam yang dilakukan CNAS menyimpulkan: "Departemen Pertahanan secara sistematis kurang berinvestasi dalam bidang logistik dalam hal uang, energi mental, aset fisik, dan personel."

Senator Roger Wicker, petinggi Partai Republik di Komite Angkatan Bersenjata Senat, mengatakan Pentagon dan Kongres memerlukan lebih banyak fokus pada pangkalan dan logistik di Pasifik.

“Kemampuan kami untuk mencegah konflik di Pasifik Barat selama lima tahun ke depan masih belum mencapai batas yang seharusnya,” katanya kepada Reuters.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)