Mantan PM Pakistan Imran Khan dan Istrinya Kembali Divonis 14 Tahun Penjara karena Skandal Korupsi

Rabu, 31 Januari 2024 - 16:41 WIB
loading...
A A A
PTI menggambarkan kasus-kasus terhadap Khan sebagai kasus palsu, dengan alasan persidangan dilakukan di bawah tekanan di "pengadilan kanguru", yang prosesnya dilakukan dengan terburu-buru. Dikatakan bahwa kasus hari Rabu ini menandai “hari menyedihkan lainnya dalam sejarah sistem peradilan kita”, dan menuduh sistem peradilan sedang “dibongkar”.

“Pertanyaan silang tidak diperbolehkan, tidak ada argumen akhir yang dapat disimpulkan dan keputusan muncul seperti proses yang telah ditentukan sebelumnya dalam permainan,” demikian keterangan PTI.

Pengacara Khan juga mengatakan dia tidak diberi kesempatan untuk membela diri dalam persidangan yang berjalan lebih cepat dari perkiraan. Hakim juga membacakan putusan saat Khan, Bibi atau tim hukum mereka tidak berada di ruang sidang.

Sementara itu, saudara perempuan Khan, Aleema Khan, mengatakan kepada BBC di luar penjara Adiala bahwa ada kebingungan mengenai jam berapa kasus tersebut seharusnya dimulai.

Khan belum secara resmi mengomentari putusan hari Rabu itu. Dia mengecam keputusan Selasa di mana hakim memutuskan dia bersalah karena mengungkap dokumen rahasia dan merusak hubungan diplomatik.



Setelah putusan tersebut, ia mengatakan kepada para pengikutnya untuk "membalas dendam atas setiap ketidakadilan dengan memberikan suara Anda pada tanggal 8 Februari sambil tetap bersikap damai" dalam sebuah pernyataan yang dirilis di akun X (sebelumnya Twitter).

Bahkan sebelum hukuman ini dijatuhkan, banyak orang sudah mempertanyakan kredibilitas pemilu Kamis depan mengingat sejauh mana Khan dan partainya dikesampingkan.

Pihak berwenang membantah melakukan tindakan keras terhadap PTI, namun banyak pemimpinnya kini berada di balik jeruji besi atau membelot. Kandidat-kandidatnya mencalonkan diri sebagai kandidat independen dan banyak yang sedang dalam pelarian.

Ribuan pendukung partai tersebut ditangkap setelah terjadi protes – terkadang disertai kekerasan – ketika Khan ditahan pada Mei lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)