Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Minggu, 28 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Pihaknya tidak mengkonfirmasi keaslian daftar yang dibagikan oleh Simonyan, namun mengatakan bahwa satu orang di dalamnya telah tertukar awal bulan ini.

Ukraina bersikeras bahwa Rusia tidak memberikan informasi tentang pesawat yang sebenarnya membawa rudal untuk sistem pertahanan udara S-300.

Video ponsel yang diduga diambil di dekat lokasi kecelakaan menunjukkan pesawat terbakar dan bekas asap yang diduga ditinggalkan oleh rudal Ukraina.

Video lain yang menunjukkan dugaan puing-puing pesawat tidak menunjukkan jejak mayat.


2. Semuanya Provokasi

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Foto/Reuters

Sementara itu, banyak tuduhan bahwa Rusia akan membunuh tentara Ukraina yang ditangkap dan disimpan di penjara-penjara Rusia dan menempatkan sisa-sisa mereka di puing-puing pesawat yang jatuh untuk “memberikan” bukti kejahatan perang yang dilakukan Kyiv.

“Mereka menempatkan para tahanan di darat dan harus membunuh mereka, mengacak-acak tubuh mereka dan mencampurkan sisa-sisanya dengan puing-puing pesawat,” kata seorang pejabat militer Ukraina kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama.

Seorang pakar militer terkemuka Ukraina setuju.

“Untuk membuktikan pendapat mereka, Rusia mungkin bertindak terlalu jauh, termasuk melikuidasi para tawanan perang dan memotong-motong tubuh mereka,” kata Letnan Jenderal Ihor Romanenko, mantan wakil kepala staf umum angkatan bersenjata Ukraina, kepada Al Jazeera.

Dia mengatakan bahwa ada “kemungkinan besar” bahwa pasukan pertahanan udara Ukraina akan menembak jatuh pesawat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)