Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Minggu, 28 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
“Ada terlalu banyak inkonsistensi,” kata Fesenko.

Bagi dia dan pengamat lainnya, klaim Rusia mengingatkan pada insiden Juli 2022 di kamp tahanan perang Olinivka dekat kota Donetsk yang diduduki Moskow.

Moskow mengklaim bahwa Ukraina meluncurkan rudal HIMARS buatan AS yang menghantam kamp tersebut, menewaskan 62 orang dan melukai 130 warga Ukraina.

Media pro-Kremlin mengklaim bahwa Kyiv dengan sengaja membunuh tawanan perang yang bisa saja bersaksi tentang kejahatan perang yang diduga mereka lakukan selama pengepungan Mariupol pada tahun 2022.

Namun Moskow menolak mengizinkan misi yang dikirim oleh PBB dan Palang Merah Internasional untuk memasuki fasilitas tersebut.

4. Dugaan Adanya Manipulasi

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Foto/Reuters

Sementara itu, analisis media berdasarkan citra satelit dan foto serta video pasca ledakan menunjukkan bahwa klaim Rusia dibuat-buat dan bangunan tersebut dihancurkan oleh bom yang diledakkan di dalam gedung.

Namun, seorang pengamat internasional memberikan penjelasan serius tentang bagaimana bencana terbaru ini bisa disebabkan oleh kurangnya koordinasi antara badan-badan militer Ukraina.

“Salah satu badan militer sedang mempersiapkan pertukaran tahanan yang biasanya dilakukan secara rahasia. Badan militer lain dengan modus yang tidak kalah rahasianya memindahkan Patriot atau sesuatu yang serupa ke perbatasan Rusia karena mereka mengetahui ada sesuatu yang besar dan berat terbang melewatinya,” kata Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen Jerman kepada Al Jazeera.

“Dan begitu mereka melihat [pesawat Il-76] di monitor mereka, tidak terpikir oleh siapa pun untuk menelepon Kyiv dan menanyakan apakah pertukaran tahanan sedang dilakukan dan apakah [para tahanan] bisa berada di pesawat itu,” dia berkata.

Sementara itu, seorang anggota parlemen Rusia mengklaim bahwa beberapa tahanan perang Ukraina di pesawat tersebut mengecam kebijakan perang Kyiv, dan bahwa Kyiv sengaja menghancurkan pesawat tersebut untuk memperingatkan prajurit Ukraina agar tidak menyerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0861 seconds (0.1#10.140)