Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Minggu, 28 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?
Rusia menuding Ukraina menembak pesawat yang mengangkut tawanan perang. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Beberapa hari setelah sebuah pesawat kargo militer Rusia ditembak jatuh di dekat perbatasan Ukraina, pertanyaan yang belum terjawab muncul ketika Moskow dan Kyiv memberikan versi yang sangat bertentangan – dan tidak cukup bukti.

Moskow mengklaim Il-76, yang membawa 65 tahanan perang Ukraina, akan mendarat di kota barat Belgorod pada hari Rabu sebelum dilakukan pertukaran pada hari itu juga.

Disebutkan bahwa pasukan pertahanan udara Ukraina di wilayah Kharkiv yang berdekatan menembak jatuh pesawat tersebut dengan dua rudal.

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

1. Saling Menyalahkan

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Foto/Reuters

Anggota parlemen Rusia Andrey Kartapolov mengklaim tiga rudal ditembakkan dari kompleks pertahanan udara Patriot buatan AS atau dari sistem Iris T buatan Jerman.

“Para pemimpin Ukraina tahu betul tentang pertukaran itu, diberitahu bagaimana para tahanan akan dikirim, namun pesawat Il-76 ditembak jatuh oleh tiga rudal,” katanya.

Moskow menuduh bahwa semua tahanan Ukraina, tiga penjaga Rusia yang mengawal mereka, dan enam awak pesawat tewas ketika pesawat itu jatuh di dekat desa Yablonova.

Situs berita Ukrainska Pravda mengutip seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa pesawat yang jatuh adalah “pekerjaan mereka”, namun laporan singkat tersebut segera dihapus.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tidak mengatakan siapa atau apa yang menyebabkan jatuhnya pesawat tersebut, namun menyerukan penyelidikan internal dan menuduh Rusia “mempermainkan nyawa tahanan Ukraina”.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membalas dengan mengatakan bahwa “jika Zelenksyy berarti penyelidikan internasional terhadap tindakan kriminal rezim Kyiv – maka penyelidikan memang diperlukan”.

Margarita Simonyan, salah satu pendukung utama Kremlin yang mengepalai jaringan media Russia Today, mengunggah dugaan daftar 65 tawanan perang di saluran Telegramnya.

Pihaknya tidak mengkonfirmasi keaslian daftar yang dibagikan oleh Simonyan, namun mengatakan bahwa satu orang di dalamnya telah tertukar awal bulan ini.

Ukraina bersikeras bahwa Rusia tidak memberikan informasi tentang pesawat yang sebenarnya membawa rudal untuk sistem pertahanan udara S-300.

Video ponsel yang diduga diambil di dekat lokasi kecelakaan menunjukkan pesawat terbakar dan bekas asap yang diduga ditinggalkan oleh rudal Ukraina.

Video lain yang menunjukkan dugaan puing-puing pesawat tidak menunjukkan jejak mayat.


2. Semuanya Provokasi

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Foto/Reuters

Sementara itu, banyak tuduhan bahwa Rusia akan membunuh tentara Ukraina yang ditangkap dan disimpan di penjara-penjara Rusia dan menempatkan sisa-sisa mereka di puing-puing pesawat yang jatuh untuk “memberikan” bukti kejahatan perang yang dilakukan Kyiv.

“Mereka menempatkan para tahanan di darat dan harus membunuh mereka, mengacak-acak tubuh mereka dan mencampurkan sisa-sisanya dengan puing-puing pesawat,” kata seorang pejabat militer Ukraina kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama.

Seorang pakar militer terkemuka Ukraina setuju.

“Untuk membuktikan pendapat mereka, Rusia mungkin bertindak terlalu jauh, termasuk melikuidasi para tawanan perang dan memotong-motong tubuh mereka,” kata Letnan Jenderal Ihor Romanenko, mantan wakil kepala staf umum angkatan bersenjata Ukraina, kepada Al Jazeera.

Dia mengatakan bahwa ada “kemungkinan besar” bahwa pasukan pertahanan udara Ukraina akan menembak jatuh pesawat tersebut.

Tidak ada terlalu sedikit bukti untuk membuktikannya – dan untuk memastikan siapa dan apa yang ada di dalam pesawat sebelum ditembak jatuh.

Namun Romanenko, yang menghabiskan waktu puluhan tahun di pasukan pertahanan udara, mengatakan bahwa ia secara pribadi telah melihat bagaimana dua rudal dari kompleks S-200 atau S-300 dapat dimasukkan ke dalam pesawat kargo Il-76, sebuah pesawat tempur Soviet berpengalaman yang dapat membawa hingga 40 ton.

Dia mengatakan bahwa Moskow melakukan “provokasi” dengan pesawat tersebut dan tidak akan setuju untuk melakukan penyelidikan independen.

Insiden tersebut mengingatkannya pada peristiwa jatuhnya pesawat MH-17 Malaysia yang membawa 298 penumpang dan awak pada 17 Juli 2014 oleh separatis pro-Moskow di wilayah Donbas.

Kelompok separatis dan penduduk pro-Rusia di wilayah tersebut mengatakan beberapa hari setelah bencana bahwa CIA “memuat” ratusan mayat dan mayat yang “dibekukan” ke dalam pesawat untuk “menjebak” Moskow.

Investigasi internasional berdasarkan analisis puing-puing dan panggilan telepon yang disadap menyimpulkan bahwa pesawat tersebut dihancurkan oleh rudal permukaan-ke-udara BUK yang dipasok Rusia. Penyelidik kemudian mengatakan bahwa ada “indikasi kuat” bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui penyerahan kompleks BUK kepada kelompok separatis.

3. Propaganda Rusia

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Foto/Reuters

Analis Ukraina lainnya mengatakan bahwa setelah kehilangan pesawatnya minggu ini, Rusia memutuskan untuk memulai “kampanye” propaganda sambil menyembunyikan bukti tentang apa yang sebenarnya terjadi.

“Apa yang kami lihat adalah pernyataan propaganda Rusia, kampanye informasi-psikologis yang jelas terhadap Ukraina dan kurangnya bukti versi Rusia,” Volodymyr Fesenko, kepala lembaga pemikir Penta di Kyiv, mengatakan kepada Al Jazeera.

Rusia tidak menunjukkan jenazah 65 tawanan perang tersebut, dan pejabat intelijen Ukraina Andiry Yusov mengatakan bahwa hanya lima jenazah yang telah dikirim ke kamar mayat Belgorod.

Moskow juga mengatakan bahwa hanya tiga penjaga yang mengawal lima lusin tahanan perang, sesuatu yang bertentangan dengan informasi tentang pertukaran tahanan sebelumnya ketika setiap penjaga Rusia mengawal tiga atau empat warga Ukraina.

“Ada terlalu banyak inkonsistensi,” kata Fesenko.

Bagi dia dan pengamat lainnya, klaim Rusia mengingatkan pada insiden Juli 2022 di kamp tahanan perang Olinivka dekat kota Donetsk yang diduduki Moskow.

Moskow mengklaim bahwa Ukraina meluncurkan rudal HIMARS buatan AS yang menghantam kamp tersebut, menewaskan 62 orang dan melukai 130 warga Ukraina.

Media pro-Kremlin mengklaim bahwa Kyiv dengan sengaja membunuh tawanan perang yang bisa saja bersaksi tentang kejahatan perang yang diduga mereka lakukan selama pengepungan Mariupol pada tahun 2022.

Namun Moskow menolak mengizinkan misi yang dikirim oleh PBB dan Palang Merah Internasional untuk memasuki fasilitas tersebut.

4. Dugaan Adanya Manipulasi

Propaganda atau Provokasi, Apakah Ukraina Menembak Pesawat yang Membawa Tawanan Perangnya?

Foto/Reuters

Sementara itu, analisis media berdasarkan citra satelit dan foto serta video pasca ledakan menunjukkan bahwa klaim Rusia dibuat-buat dan bangunan tersebut dihancurkan oleh bom yang diledakkan di dalam gedung.

Namun, seorang pengamat internasional memberikan penjelasan serius tentang bagaimana bencana terbaru ini bisa disebabkan oleh kurangnya koordinasi antara badan-badan militer Ukraina.

“Salah satu badan militer sedang mempersiapkan pertukaran tahanan yang biasanya dilakukan secara rahasia. Badan militer lain dengan modus yang tidak kalah rahasianya memindahkan Patriot atau sesuatu yang serupa ke perbatasan Rusia karena mereka mengetahui ada sesuatu yang besar dan berat terbang melewatinya,” kata Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen Jerman kepada Al Jazeera.

“Dan begitu mereka melihat [pesawat Il-76] di monitor mereka, tidak terpikir oleh siapa pun untuk menelepon Kyiv dan menanyakan apakah pertukaran tahanan sedang dilakukan dan apakah [para tahanan] bisa berada di pesawat itu,” dia berkata.

Sementara itu, seorang anggota parlemen Rusia mengklaim bahwa beberapa tahanan perang Ukraina di pesawat tersebut mengecam kebijakan perang Kyiv, dan bahwa Kyiv sengaja menghancurkan pesawat tersebut untuk memperingatkan prajurit Ukraina agar tidak menyerah.

“Ukraina sengaja menciptakan provokasi agar warga negaranya tidak menyerah,” kata anggota parlemen Rusia Aleksey Zhuravlyov pada hari Rabu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)