5 Konfrontasi Iran Vs AS di Timur Tengah

Kamis, 25 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Pasukan AS di Suriah semakin sering diserang oleh kelompok-kelompok yang didukung Iran dalam beberapa pekan terakhir, dan AS membalasnya dengan serangan udara.

5. Jalur Gaza

5 Konfrontasi Iran Vs AS di Timur Tengah

Foto/Reuters

Melansir CNN, Jalur Gaza yang terkepung adalah rumah bagi kelompok pejuang Hamas, yang diyakini Israel memiliki sekitar 30.000 pejuang sebelum perang. Sebuah organisasi Islam dengan sayap militer, Hamas didirikan pada tahun 1987, dan pada tanggal 7 Oktober melancarkan serangan terhadap Israel yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 lainnya, menurut pihak berwenang Israel.

Iran telah membangun hubungan yang lebih dekat dengan kelompok tersebut dalam beberapa tahun terakhir; tidak seperti sekutu Teheran lainnya di kawasan, Hamas adalah organisasi Muslim Sunni, bukan organisasi Syiah.

Tidak ada bukti bahwa Iran mengetahui sebelumnya tentang serangan 7 Oktober dan Iran diyakini tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap Hamas dibandingkan sekutunya yang lain di kawasan. Namun AS percaya bahwa Iran secara historis telah memberikan hingga USD100 juta per tahun dalam bentuk dukungan gabungan kepada kelompok militan Palestina, termasuk Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ), kelompok perjuangan lain yang berbasis di Gaza.

Di sisi lain perbatasan, Israel adalah penerima bantuan militer AS terbesar, dengan Washington telah menyumbang lebih dari USD130 miliar bantuan sejak berdirinya negara Yahudi tersebut pada tahun 1948.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)