3 Negara yang Diserang Iran, 2 Target Adalah Sekutu Syiah Terdekat

Rabu, 24 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Serangan-serangan saling balas ini telah menyebabkan kerusakan parah pada hubungan yang biasanya baik antara kedua negara bertetangga. Garda Revolusi tidak mengantisipasi reaksi Pakistan ini.

Iran dan Pakistan berbagi perbatasan sepanjang 900 km (560 mil) yang sulit dikendalikan tanpa kerja sama. Pakistan telah menjadi sekutu yang berharga di forum internasional, sering kali memberikan suara mendukung Teheran.

2. Suriah

3 Negara yang Diserang Iran, 2 Target Adalah Sekutu Syiah Terdekat

Foto/Reuters

Melansir BBC, serangan terhadap Suriah tampaknya merupakan respons terhadap pembunuhan di Kerman. Namun di sana pun, tidak ada laporan mengenai serangan besar terhadap ISIS atau kelompok Sunni garis keras, seperti yang diklaim Iran.

3. Irak

3 Negara yang Diserang Iran, 2 Target Adalah Sekutu Syiah Terdekat

Foto/Reuters

Melansir BBC, di Irak – mungkin tetangga dan sekutu terdekat Iran – pemerintah marah dengan serangan di mana Iran menggunakan sekitar 11 rudal balistik untuk mencapai sasaran di Irbil, di wilayah Kurdistan Irak.

Iran mengklaim telah menargetkan pusat operasi Mossad, badan intelijen Israel. Namun pihak berwenang Irak dan Kurdi mengatakan rumah seorang pengusaha terkenal dihantam, menewaskan dia bersama istri dan dua anaknya, salah satunya berusia di bawah satu tahun.

Pemerintah Irak telah mengajukan keluhan kepada Dewan Keamanan PBB yang akan membahas serangan tersebut. Insiden ini telah mengikis hubungan bertetangga yang telah dibangun selama bertahun-tahun, meskipun terdapat beberapa masalah antara kedua negara.

Garda Revolusi mungkin mengambil keputusan melancarkan serangan terhadap ketiga negara tersebut hanya setelah berkonsultasi dengan pemimpin tertinggi Iran. Ada tanda-tanda bahwa menteri luar negeri tidak diajak berkonsultasi sebelum serangan dilancarkan.

Serangan-serangan minggu ini nampaknya semakin melemahkan posisi Iran di dunia internasional, menempatkan pertahanannya dalam risiko dan membuat Garda Revolusi terlihat ceroboh dan cenderung mengambil risiko yang tidak diperhitungkan.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)