Apakah Pesawat Kargo Militer AS Bawa Senjata ke Israel lewat Turki?

Selasa, 23 Januari 2024 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Operator pesawat tersebut disembunyikan di situs pencari udara open source Radar Box, namun sejarah pesawat menunjukkan pesawat tersebut telah terbang ke AS.

Model pesawatnya adalah CASA CN-235, pesawat angkut dan pengawasan udara.

Middle East Eye kini dapat mengungkapkan bahwa penerbangan kedua dengan pesawat kargo AS lainnya C-130J dengan call sign HKY130 namun dengan nomor registrasi berbeda, 08-8602, terbang dari pangkalan udara Ramstein di Jerman ke pangkalan udara Aviano di Italia pada 17 Januari.

Keesokan harinya, pesawat mendarat di RAF Akrotiri setelah melakukan pit-stop di Incirlik Turki.

Seorang pejabat pertahanan Inggris mengatakan kepada Middle East Eye bahwa Kementerian Pertahanan “tidak mengomentari operasi sekutu” seperti AS, meskipun penerbangan tersebut telah mendarat di pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Garron J Garn menolak mengungkapkan isi penerbangan kargo AS “untuk alasan keamanan operasi”.

“AS mempertahankan praktik yang berkelanjutan dan kuat dalam menggunakan pesawat dan aset secara dinamis di seluruh wilayah,” ujar dia kepada MEE.

Prosedur NATO


Ada sejumlah skenario yang mungkin menjelaskan dua penerbangan aneh keluar dari Siprus.

Yang pertama adalah pesawat-pesawat tersebut mungkin terbang ke Siprus dan hanya singgah di Turki untuk membeli bahan bakar.

Seorang pejabat pertahanan Turki, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada MEE bahwa beberapa pesawat kargo AS berhenti di Incirlik untuk tujuan pengisian bahan bakar, dan kementerian pertahanan tidak diberi informasi secara spesifik tentang setiap penerbangan yang melewati Incirlik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)