AS Akan Cabut Sanksi Jika Korut Setop Program Nuklir

Senin, 14 Mei 2018 - 02:02 WIB
AS Akan Cabut Sanksi Jika Korut Setop Program Nuklir
AS Akan Cabut Sanksi Jika Korut Setop Program Nuklir
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan Washington akan setuju untuk mencabut sanksi terhadap Korea Utara (Korut) jika negara itu setuju untuk sepenuhnya membongkar program senjata nuklirnya. Langkah ini diyakini akan menciptakan kemakmuran ekonomi yang "akan menyaingi" Korea Selatan (Korsel).

Pompeo mengatakan AS tidak akan bersedia untuk menginvestasikan dolar pembayar pajak untuk membantu negara itu, tetapi bersedia mencabut sanksi untuk membuka jalan bagi investasi swasta Amerika dalam sektor energi, pertanian, dan infrastruktur Korut.

Komentar Pompeo muncul jelang pertemuan 12 Juni yang direncanakan di Singapura antara Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump, pertemuan pertama antara presiden AS dan pemimpin Korut.

"Apa yang akan Ketua Kim dapatkan dari Amerika adalah yang terbaik - pengusaha kami, pengambil risiko kami, penyedia modal kami. Mereka akan mendapatkan modal swasta yang masuk. Korut sangat membutuhkan energi untuk rakyat mereka. Mereka sangat membutuhkan peralatan dan teknologi pertanian,” katanya di CBS "Face the Nation."

"Kami dapat menciptakan kondisi untuk kemakmuran ekonomi nyata bagi rakyat Korea Utara yang akan menyaingi Selatan," tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/5/2018).

Media pemerintah Korut melaporkan pada akhir pekan bahwa negara itu telah menjadwalkan pembongkaran situs bom nuklirnya pada akhir bulan Mei.

Pompeo menyambut baik berita tentang rencana itu.

"Setiap situs tunggal yang dimiliki Korea Utara dapat menimbulkan risiko pada orang Amerika yang dihancurkan, dihilangkan, dibongkar adalah berita baik bagi rakyat Amerika dan dunia," katanya pada "Fox News Sunday."

Bulan lalu, Pompeo menjadi pejabat AS pertama yang diketahui untuk bertemu dengan Kim Jong-un, di mana ia membantu meletakkan dasar kerja untuk pertemuan mendatang dengan Trump.

Dia kembali lagi ke Korut pekan lalu untuk pertemuan kedua, setelah Kim Jong-un menyetujui pembebasan bersejarah tiga tahanan Amerika.

Baca: Korut Serahkan 3 Warga AS yang Dibebaskan ke Pompeo
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)